Liga Inggris

Manchester United Kedatangan Sancho, Manchester City Ikut Ketiban Untung

Rabu, 5 Agustus 2020 03:43 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Frederic Scheidemann/GettyImages
Jika Jadon Sancho sukses dibeli Manchester United dari Borussia Dortmund, rival Liga Inggris, Manchester City malah ketiban untung besar. Copyright: © Frederic Scheidemann/GettyImages
Jika Jadon Sancho sukses dibeli Manchester United dari Borussia Dortmund, rival Liga Inggris, Manchester City malah ketiban untung besar.

INDOSPORT.COM - Kebahagiaan tak hanya akan menyertai Manchester United yang bakal kedatangan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund dalam waktu dekat. Rival  sekota di Liga Inggris, Manchester City bahkan bakal ketiban untung.

Hasrat untuk mendominasi kompetisi kasta atas Negeri Big Ben mulai muncul dalam kubu Setan Merah setelah hasil gemilang pada paruh kedua musim lalu. Bagaimana tidak? Mereka menjelma dari tim medioker jadi tim papan atas klasemen layaknya di masa-masa keemasan.

Kedatangan Bruno Fernandes dan Odion Ighalo pun bagi mereka belum cukup dan mereka sudah mengambil ancang-ancang dapatkan jasa Jadon Sancho untuk memperkuat garis depan. Maklum, sumbangsih 20 gol dan 20 assists dalam 44 laga Die Borussen membuat wonderkid asal Inggris ini menjadi buruan wajib.

Agar Sancho segera merumput ke Liga Inggris, Manchester United pun tak ragu memecahkan rekor transfer seharga 100 juta poundsterling (Rp1,9 triliun) lebih. Melansir laman berita Daily Mail, penebusan nominal fantastis itu nyatanya juga berimbas keuntungan finansial bagi The Citizens.

Ya, terdapat klausa pelepasan kontrak yang mengharuskan klub pembeli Sancho untuk membayar ekstra 15 persen dari harga penjualan ke kubu Manchester City. Hal ini didasari bahwa wonderkid asal Inggris ini pernah berkarier lebih dulu di Etihad Stadium.

Dengan demikian setidaknya Manchester United wajib membayar sekitar 15 juta poundsterling (Rp287 miliar) ke rival sekota mereka tersebut. Uang sumbangan ini pun dipastikan bisa menutup mahar 20,9 juta poundsterling (Rp400 miliar) kala skuat asuhan Pep Guardiola merekrut gelandang Valencia, Ferran Torres.

Cukup Ironis memang upaya Manchester United dapatkan amunisi baru justru malah membantu dominasi The Sky Blues untuk tetap mendominasi liga. Seperti diketahui sejak awal, The Red Devils masih belum bisa menumbangkan dominasi sang rival walaupun sempat beberapa kali menangi pertandingan.

Mereka pun percaya kedatangan Sancho adalah jawaban agar bisa hancurkan kekuasaan Manchester City dalam  Liga Inggris. Kabarnya demi bisa gaet pemain berusia 20 tahun ini Manchester United sampai meminta cara pembayaran mencicil ke Borussia Dortmund.