Liga Italia

Jadi Pelatih, Ternyata Peran Pirlo Sebatas Asisten dan Terganjal Lisensi UEFA

Rabu, 12 Agustus 2020 12:25 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Indra Citra Sena
© Getty images
Andrea Pirlo. Copyright: © Getty images
Andrea Pirlo.

INDOSPORT.COM - Andrea Pirlo yang baru saja ditunjuk menggantikan Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus ternyata belum memiliki lisensi UEFA Pro. 

Juventus resmi mendepak Maurizio Sarri dan langsung menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih. Padahal, dia baru saja diumumkan sebagai pelatih Juventus U-23 berselang enam hari sebelum penunjukkan.

Terhentinya langkah Juventus di 16 besar Liga Champions menjadi petaka bagi Sarri, yang sepanjang musim menuai kritik pedas lantaran performa di bawah standar dan kegagalan meraih trofi Supercoppa Italiana serta Coppa Italia.

Keputusan Bianconeri memilih mantan bintang AC Milan itu cukup menggemparkan publik. Sebab, Andrea Pirlo belum berpengalaman dan di atas kertas belum layak menukangi klub Serie A Liga Italia. 

Dikutip dari Talksport, dia baru mengantongi lisensi UEFA A. Hal ini membuat dirinya sebatas bisa berkarier di divisi tiga Italia. Wajar karena awalnya Pirlo memang ditunjuk untuk mengarsiteki Juventus U-23 yang bermain di Serie C Italia. 

Pirlo pun tidak bisa langsung menjadi pelatih utama skuat Si Nyonya Tua dalam waktu dekat. Ia baru bisa benar-benar menggantikan posisi Maurizio Sarri mulai Oktober mendatang setelah kursus kepelatihan dan thesisnya selesai. 

Untuk sementara waktu, jabatan pelatih kepala dan urusan birokrasi akan dilimpahkan kepada Roberto Baronio, yang notebene merupakan asisten Pirlo. 

Jadi, hingga thesisnya kelar, Andrea Pirlo akan bertugas menjadi asisten, sementara Baronio sebagai pelatih kepala Bianconeri.