In-depth

Eric Maxim Choupo-Moting, La Remontada, dan Kutukan Liga Champions PSG

Kamis, 13 Agustus 2020 20:38 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© David Ramos/Getty Images
Eric Maxim Choupo-Moting sukses menghadirkan La Remontada ala PSG sekaligus memecahkan kutukan Liga Champions yang menaungi mereka selama seperempat abad. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Eric Maxim Choupo-Moting sukses menghadirkan La Remontada ala PSG sekaligus memecahkan kutukan Liga Champions yang menaungi mereka selama seperempat abad.

INDOSPORT.COM – Setelah kegagalan demi kegagalan yang mereka alami, kekecewaan serta kesedihan yang datang selama puluhan tahun, PSG akhirnya memutuskan kutukan dan berhasil melaju ke semifinal Liga Champions musim 2019/20 ini.

Masih lekat dalam ingatan betapa mereka begitu menderita dan mungkin jutaan hati penggemar harus hancur berkeping-keping usai PSG dikandaskan Barcelona lewat comeback manis yang terjadi di Liga Champions edisi tahun 2017.

Salah satu laga paling ikonik yang terjadi di gelaran Liga Champions yang di Spanyol sana disebut sebagai La Remontada atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai The Comeback.

Atau malam pahit ketika mereka harus tertunduk lesu dan jutaan penggemar di seluruh dunia sekali lagi melihat mereka harus gagal melaju ke babak perempatfinal Liga Champions usai comeback apik yang dipertontonkan oleh Manchester United di Parc des Princes.

Namun dini hari tadi, Kamis (13/08/20) PSG melakukan La Remontada ala mereka. Giliran mereka yang membuat jutaan penggemar sepak bola di seluruh dunia harus kecewa usai 2 gol yang mereka ciptakan pada menit ke-90 mengantarkan Atalanta pulang ke Italia.

Kedua gol tersebut tercipta lewat kaki Marquinhos pada menit ke-90 dan sontekan manis Eric Maxim Choupo-Moting di menit ke-90+3. Dua gol yang sangat dinantikan kehadirannya oleh Thomas Tuchel yang langsung berteriak kegirangan di pinggir lapangan. Dua gol yang membuat placing ciamik Mario Pasalic di menit ke-26 menjadi sia-sia.

Tak ada yang mengira jika PSG berhasil lolos ke babak semifinal, apalagi setelah penampilan yang ditunjukkan oleh Atalanta sepanjang musim 2019/20 ini, khususnya pada pertandingan tersebut.

Dan tak ada yang mengira jika pahlawan PSG pada laga tersebut adalah Eric Maxim Choupo-Moting, sosok pemain gurem yang kebintangannya jauh di bawah Neymar, Kylian Mbappe, atau bahkan Mauro Icardi.