In-depth

Lionel Messi vs Robert Lewandowski, Komparasi Maha Dahsyat 2 Raja Gol Eropa

Jumat, 14 Agustus 2020 11:58 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Komparasi lengkap dua raja gol Eropa, Robert Lewandowski vs Lionel Messi, jelang pertemuan Bayern Munchen vs Barcelona di perempatfinal Liga Champions. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Komparasi lengkap dua raja gol Eropa, Robert Lewandowski vs Lionel Messi, jelang pertemuan Bayern Munchen vs Barcelona di perempatfinal Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Komparasi lengkap dua raja gol Eropa, Robert Lewandowski vs Lionel Messi, jelang pertemuan Bayern Munchen vs Barcelona di perempatfinal Liga Champions 2019-2020. 

Duel akbar akan tersaji di perempatfinal Liga Champions 2019-2020 antara Bayern Munchen vs Barcelona di Stadion Da Luz, Portugal, Sabtu (15/08/20) pukul 02.00 WIB.

Pertemuan kedua tim menyedot perhatian tinggi lantaran keduanya memiliki nama besar di turnamen paling bergengsi di Eropa tersebut. Pertarungan para bintang juga dipastikan bakal tersaji. 

Salah satu yang ditunggu-tunggu tentu saja adalah penampilan dari mesin gol masing-masing tim, yakni Lionel Messi (Barcelona) dan Robert Lewandowski (Bayern Munchen). 

Dua pencetak gol ulung di generasi yang sama itu bakal head-to-head dalam laga sengit dini hari nanti. Sama-sama dijuluki Raja Gol Eropa, bagaimana membandingkan keduanya hingga mendapat yang terbaik?

Gol

Baik Lionel Messi dan Robert Lewandowski merupakan mesin gol mematikan di timnya masing-masing. Namun, hanya dengan Cristiano Ronaldo sosok Lionel Messi selama ini dibanding-bandingkan. 

Maklum, keduanya sering sekali bersaing dalam perebutan sepatu emas atau pun titel Raja Gol Eropa. Tepat di bawah kedua pemain tersebut, ada Robert Lewandowski yang jumlah torehan golnya juga tidak main-main.

Meski begitu, pencapaian gol semusim milikinya selama ini hanya bisa mendekati milik Messi. Namun, musim ini berbeda. Robert Lewandowski menunjukkan penampilan impresifnya dengan mampu mencetak lebih dari 50 gol di seluruh kompetisi melewati Messi maupun Ronaldo.

Di ajang Bundesliga ia menjadi top skor dengan catatan 34 gol dari 31 pertandingan. Jumlah ini adalah yang terbesar setelah era Gerd Muller pada tahun 60-an dan 70-an. 

Lewandowski resmi mencatatkan rekor sebagai pemain non-Jerman dengan jumlah gol terbanyak semusim di Bundesliga. Ia juga masuk ke peringkat ketiga pemain dengan jumlah gol terbanyak di Bundesliga Jerman. 

Di sisi lain, penurunan jumlah gol terjadi pada diri Lionel Messi. Meski mengklaim sebagai top skor LaLiga Spanyol, namun raihan keseluruhan gol Messi tahun ini "hanya" 31 gol menurun 20 gol dari musim lalu (51 gol). 

Jumlah ini tetaplah impresif. Namun, bagi ukuran Lionel Messi yang biasa mencetak 45-50 gol lebih dalam semusim, ini sebuah penurunan. Bahkan menjadi yang terendah baginya dalam 10 tahun terakhir. 

Dengan melibatkan seluruh kompetisi termasuk Liga Champions dan piala domestik, maka makin jelaslah dominasi Lewandowski atas Messi musim ini. 

Kapten Timnas Polandia itu musim ini total mencetak 53 gol dalam 44 pertandingan. Jika dikonversi, Lewandowski mencetak gol tiap 73 menit. 

Lewandowski saat ini telah menggenggam top skor Bundesliga kelimanya dan tengah memimpin perolehan top skor Liga Champions 2019-2020 dengan 13 gol hanya dari tujuh penampilan. 

Sementara Messi, dari 31 golnya dalam 43 pertandingan di seluruh kompetisi, hanya mencetak satu gol tiap 120 menit. Dengan kata lain, secara statistik, Lewandowski unggul 1.6 gol dari Messi musim ini. Tak cuma itu, gol Lewandowski juga memenangkan timnya 16 kali, unggul dari Messi sebanyak 11 kali.