Liga Indonesia

Pernah Jadi Markas Persija, Ini Stadion Indonesia yang Gunakan Nama Pahlawan Nasional

Senin, 17 Agustus 2020 16:50 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© INDOSPORT/Taufik Hidayat
Suporter Semen Padang yang menyesaki setiap sudut Stadion Haji Agus Salim. Copyright: © INDOSPORT/Taufik Hidayat
Suporter Semen Padang yang menyesaki setiap sudut Stadion Haji Agus Salim.
Stadion Si Jalak Harupat

Dari Jawa Barat, markas Persib Bandung bernama Stadion Si Jalak Harupat yang punya kapasitas 45 ribu penonton ini ternyata juga diambil dari nama pahlawan.

Si Jalak Harupat adalah julukan seorang pahlawan nasional asal Bojongsoang, Bandung, yaitu Otto Iskandardinata. Beliau diangkat menjadi Pahlawan nasional berdasarkan S.K. Presiden RI No. 88/TK/Tahun 1973.

Stadion Kapten I Wayan Dipta
Juara Liga 1 musim lalu, Bali United juga memiliki stadion yang menggunakan nama pahlawan yaitu Kapten I Wayan Dipta, yang merupakan putra daerah Gianyar Bali,

Menurut beberapa literatur, I Wayan Dipta aktif pergerakan pasca kemerdekaan yang mengajak masyarakat untuk melawan penjajah. Dia tertembak pada usia yang cukup muda, saat masih berusia 20 tahun.

Stadion Haji Agus Salim
Gelora Haji Agus Salim atau biasa disebut GHAS, merupakan markas dari tim sepak bola kebanggaan warga Sumatera Barat yakni Semen Padang FC.

Stadion H. Agus Salim termasuk stadion yang berstandar AFC dan jadi yang terbaik di Pulau Sumatra. Berbagai pertandingan di Piala AFC yang dilakoni Semen Padang dimainkan di stadion ini.

Nama Agus Salim sendiri telah ditetapkan menjadi pahlawan nasional sesuai dengan SK Presiden No. 657 Tahun 1961 yang diresmikan pada 27 Desember 1961.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%