Liga Champions

5 Fakta Unik Kemenangan Paris Saint-Germain vs RB Leipzig

Rabu, 19 Agustus 2020 10:50 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter @PSG_English
Paris Saint-Germain akhirnya berhasil menumbangkan RB Leipzig di babak semi final Liga Champions musim 2019/2020. Copyright: © Twitter @PSG_English
Paris Saint-Germain akhirnya berhasil menumbangkan RB Leipzig di babak semi final Liga Champions musim 2019/2020.

INDOSPORT.COM - Paris Saint-Germain akhirnya berhasil menumbangkan RB Leipzig di babak semifinal Liga Champions musim 2019/2020. Hal itu membuat pasukan Thomas Tuchel lolos ke partai final.

Paris Saint-Germain akhirnya memastikan satu tiket untuk bisa melaju ke babak final Liga Champions musim 2019/2020 setelah berhasil menumbangkan RB Leipzig di pertandingan semifinal dengan skor akhir 3-0.

Di babak pertama, pasukan Thomas Tuchel membuka kran golnya melalui sundulan Marquinhos di menit ke-13. Memiliki tekad yang kuat untuk menyamakan kedudukan, justu RB Leipzig kebobolan untuk kedua kalinya pada menit ke 42 yang dicetak oleh Angel Di Maria. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Meski sudah unggul dua gol di babak pertama, Paris Saint-Germain pun akhirnya masih memiliki ambisi dalam mencetak tambahan angka. Alhasil, mereka berhasil mencetak gol ketiganya tersebut yang dibuat oleh Juan Bernat pada menit ke-56. Hingga akhir pertandingan PSG tetap unggul dengan skor 3-0.

Dengan hasil kemenangan tersebut membuat catatan tersendiri bagi Paris Saint-Germain dalam ajang terpopuler di benua Eropa tersebut. Dalam sejarah klub, Les Parisiens berhasil untuk pertama kalinya bisa menebus partai final Liga Champions.

Sejak tahun 1995, Paris Saint-Germain ini hanya bisa menembus babak semifinal Liga Champions. Ini menjadikan pasukan Thomas Tuchel sebagai era yang paling sukses ketimbang tahun-tahun sebelumnya saat melakoni pertandingan di kanca Eropa.

Sementara itu, babak final Liga Champions musi 2019/2020 akan dijadwalkan berlangsung di Estadio da Luz, Portugal pada Senin (24/08/20) dini hari WIB. Paris Saint-Germain akan berhadapan dengan pemenang antara Bayern Munchen vs Olympique Lyon.

Di sisi lain, pertandingan semifinal antara Bayern Munchen melawan Lyon sendiri akan dilangsungkan pada Kamis (20/08/20) dini hari WIB di Lisbon, Portugal. Ini adalah ajang untuk mempertaruhkan harkat martabat klub untuk bersaing di kanca Eropa.

Sedangkan dalam kemenangan Paris Saint-Germain tersebut terdapat beberapa fakta unik dalam lolosnya ke final Liga Champions musim 2019/2020. Berikut 5 fakta unik kemenangan Paris Saint-Germain vs RB Leipzig:

1. Paris Saint-Germain merupakan klub ke 41 yang berhasil melangkah ke babak final Liga Champions dari awal terbentuknya kompetisi tersebut hingga saat ini.

2. Paris Saint-Germain adalah tim asal Prancis pertama yang berhasil mencapai babak final Liga Champions sejak AS Monaco pada tahun 2004 silam. Ini adalah capaian tersendiri bagi pasukan Thomas Tuchel dalam menaungi anak asuhnya.

3. Paris Saint-Germain telah mencetak gol dala 34 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions, menyamai rekor yang telah dibuat oleh Real Madrid antara tahun 2011 dan 2014 silam.

4. Angel Di Maria memiliki kans mengangkat trofi Liga Champions untuk kedua kalinya di stadion yang sama, setelah dirinya juga pernah menang di Estadio da Luz bersama Real Madrid pada tahun 2014 silam. Kala itu, dirinya dinobatkan sebagai man of the march dalam pertandingan tersebut.

5. Neymar telah melepaskan tembakan yang membentur tiang gawang sebanyak tiga kali selama kompetisi Liga Champions musim ini dan menyamai rekor terbanyak yang dipegang oleh bintang Barcelona, Lionel Messi.