Liga Indonesia

Kembali Bergulir, Liga 1 dan Liga 2 Didukung Pihak Keamanan

Kamis, 27 Agustus 2020 16:52 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter/@Liga1Match
PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2 terus melakukan persiapan jelang kemballi bergulirnya roda kompetisi. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2 terus melakukan persiapan jelang kemballi bergulirnya roda kompetisi.

INDOSPORT.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2 terus melakukan persiapan jelang kemballi bergulirnya roda kompetisi. PT LIB pun mempersiapkan perihal keamanan jelang bergulirnya kompetisi.

PT LIB bertemu langsung dengan Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri. Audiensi tersebut dilakukan di Gedung Mabes Polri, Jakarta.

Dari PT LIB dihadiri Direktur Utama PT LIB yakni Akhmad Hadian Lukita, dan Direktur operasional, Irjen Sudjarno.  Sementara dari pihak Baintelkam Polri ditemui secara langsung oleh Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri (Kabaintelkam) Polri, Komjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si.

Dalam audiensi tersebut, PT LIB menjelaskan banyak hal tentang pentingnya kompetisi lanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020. Dengan kembali bergulirnya Liga makan akan memberikan banyak manfaat untuk hajat hidup orang banyak.

“Kami menginformasikan kepada bapak Kabaintelkam bahwa lanjutan kompetisi sepak bola nasional nantinya akan memberikan manfaat yang beragam. Bukan hanya memberikan keuntungan untuk kompetisi internal, namun juga manfaat dalam skala yang lebih luas. Pembuktian Indonesia ke dunia internasional sebelum digulirkannya Piala Dunia U-20 2021,” jelas Akhmad Hadian Lukita.

Sudjarno menambahkan, PT LIB juga menginformasikan bahwa persiapan matang sudah dilakukan, termasuk hal-hal detail yang berkaitan dengan teknis pertandingan secara keseluruhan. Mulai dari penentuan sistem atau format kompetisi, peserta Liga 1 dan Liga 2, sampai dengan aspek koordinasi pengamanan, kerawanan yang perlu diantisipasi serta perizinan.

“Salah satu yang menjadi perhatian serius ada pada protokoler kesehatan selama kompetisi. Kami informasikan secara detail soal yang satu ini. Mulai dari protokoler kesehatan yang harus dipatuhi pemain, pelatih, sampai dengan personal lain yang terlibat dalam satu penyelenggaraan pertandingan. Kami juga menginformasikan bahwa semua pertandingan digelar tanpa penonton,” tambah Sudjarno.  

Menyimak penjelasan yang diutarakan oleh PT LIB, Kabaintelkam Polri memberikan respons yang positif. Baginya Intelkam siap mendukung penuh perhelatan Liga 1 dan Liga 2.

“Kami akan mendukung penuh kegiatan kompetisi sepak bola nasional tersebut. Semoga lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 tersebut, bisa memberikan manfaat bagi rakyat Indonesia di tengah pandemi Corona yang masih terjadi,” ujar Komjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel.