Bola Internasional

Deretan Wonderkid Amerika Serikat yang Bermain di Panggung Teratas Eropa

Rabu, 9 September 2020 21:03 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Berikut deretan wondekrid Amerika Serikat yang meramaikan panggung teratas kompetisi-kompetisi Eropa. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Berikut deretan wondekrid Amerika Serikat yang meramaikan panggung teratas kompetisi-kompetisi Eropa.

INDOSPORT.COM – Sebagai negara adidaya, Amerika Serikat nyatanya jarang atau bahkan tak pernah melahirkan pesepak bola berbakat. Hal ini tak lepas dari kultur serta olahraga yang di gemari negeri Paman Sam tersebut.

Sepak bola sejatinya merupakan olahraga paling populer di dunia. Tak terhitung berapa miliar manusia yang menyukai olahraga si kulit bundar ini. Namun, kepopulerannya di dunia tak serta merta membawanya populer di Amerika Serikat.

Bagi penduduk Amerika Serikat, sepak bola bukanlah olahraga utama. Negeri Paman Sam mengandalkan Basket dan American Football (NFL) sebagai olahraga utama. Selain itu, masih ada Bisbol dan Tinju sebagai pilihan olahraga mereka.

Sejak dahulu, sepak bola kerap dianaktirikan di Amerika Serikat. Namun stigma ini perlahan memudar seiring munculnya MLS (Major League Soccer) dengan pergerakannya yang mendatangkan pemain-pemain Eropa bernama besar.

Meski belum menjadi olahraga terfavorit di Amerika Serikat, namun sepak bola tetap menjadi pasar menarik di sana. Hal ini pun memberi jalan dengan munculnya beberapa pemain muda bertalenta dan potensial yang siap membawa negeri Paman Sam berjaya.

Kini dengan bangga, Amerika Serikat menyebut tim sepak bola pria mereka (USMNT) sebagai golden generation atau generasi emas. Sematan ini muncul karena banyaknya talenta muda Paman Sam yang berkarier dan menancapkan namanya di Eropa.

Bukan tidak mungkin, dari tangan para pemain muda ini, Amerika Serikat setidaknya bisa mengulang prestasi mereka di Piala Dunia 1930 kala menembus semifinal atau meraih prestasi tertinggi di kompetisi terakbar tersebut.

Berikut tujuh pemain muda harapan Amerika Serikat yang berkarier di panggung teratas Eropa tahun ini.

1. Christian Pulisic (21 Tahun, Chelsea)

© Darren Walsh/Chelsea FC via Getty Images
Selebrasi Christian Pulisic dalam laga final Piala FA Arsenal vs Chelsea Copyright: Darren Walsh/Chelsea FC via Getty ImagesSelebrasi Christian Pulisic dalam laga final Piala FA Arsenal vs Chelsea

Nama Christian Pulisic telah muncul ke permukaan sejak usianya baru 17 tahun. Kala itu, ia mampu menembus tim utama Borussia Dortmund dan tampil di Bundesliga Jerman.

Perlahan Pulisic mulai menancapkan namanya di kancah sepak bola internasional dengan bergabung raksasa Liga Inggris, Chelsea. Siapa sangka, di Inggris yang disebut kiblatnya sepak bola ia mampu tampil apik dan mengundang decak kagum.

Pulisic pun menjadi tumpuan utama sepak bola Amerika Serikat saat inidi pentas internasional.

2. Weston McKennie (22 Tahun, Juventus)

© Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Weston McKennie, pemain baru Juventus. Copyright: Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty ImagesWeston McKennie, pemain baru Juventus.

Sama seperti Pulisic, Weston McKennie menancapkan namanya di Bundesliga Jerman bersama Schalke 04. Kemampuannya di Jerman membuat Juventus tertarik mendatangkannya.

McKennie merupakan gelandang yang mampu beroperasi di segala lini. Bahkan kendati berposisi sebagai gelandang, ia mampu menjadi pencetak hattrick tercepat di Amerika Serikat dalam waktu 13 menit kala melawan Kuba di Concacaf Nations League.

Kini, ia pun dipinjamkan ke Juventus dengan status pinjaman. Menarik dinantikan aksinya di bawah maestro gelandang yang kini menjadi pelatih Bianconeri, Andrea Pirlo.