Liga Indonesia

Beberkan Kondisinya, Kim Jeffrey Kurniawan Tak Sabar Ingin Kembali Berlatih

Senin, 28 September 2020 02:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Kim Jeffrey Kurniawan, sudah tidak sabar kembali bergabung dengan tim yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengarungi Liga 1. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Kim Jeffrey Kurniawan, sudah tidak sabar kembali bergabung dengan tim yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengarungi Liga 1.

INDOSPORT.COM - Gelandang tim Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, sudah tidak sabar kembali bergabung dengan tim yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020. 

Pemain yang menggunakan nomor punggung 23 ini menuturkan, saat ini masih menjalankan program pemulihan, karena mengalami cedera di bagian tulang rusuk. Hal tersebut membuatnya absen dalam sesi latihan dan pertandingan uji coba skuat Maung Bandung. 

Kim mengatakan, cedera tersebut sudah dirasakan olehnya sejak lama, hanya saja semangatnya untuk berlatih dengan skuat Maung Bandung membuatnya tidak terlalu merasakan cedera tersebut. 

Hingga akhirnya, setelah menjalankan program latihan bersama tim kebanggaan Bobotoh, Kim semakin merasakan sakit di bagian tulang rusuknya dan harus menjalani pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI). 

"Cedera tulang rusuk yang sempat dibilang gak ketauan, nyeyel, sebenarnya sudah cukup lama cederanya. Mungkin karena vacum beberapa bulan, di awal-awal langsung kena, terus semangatnya lebih tinggi dari sakitnya, jadi ya sudah lanjut," kata Kim Jeffrey, Minggu (27/09/2020). 

"Cuma akhirnya bisa dibilang tambah sakit. Emang butuh pemeriksaan lebih lanjut, setelah diperiksa ada masalah di tulang rusuk. Tapi mingguan aja, sekarang saya sudah gatel juga tiga minggu gak ikut," ucapnya menambahkan. 

Kim rencanannya akan bergabung kembali dengan tim pada pekan depan, meski begitu pemain berdarah Jerman ini masih melihat perkembangan kondisi cederanya. Jika sudah tidak terasa nyeri, ia siap untuk berlatih kembali dengan skuat Maung Bandung. 

"Rencana minggu depan, perkiraan Selasa sudah gabung latihan. Tentu liat kondisinya lebih ke arah individual, saya pikir hanya dua atau dua setengah minggu absen, saya yakin kondisi fisik saya, yang penting rasa nyeri dan sakit sudah gak ada. Saya gak takut kembali lagi secepatnya dan bergabung seperti semula," tegas Kim. 

Kim mengakui dirinya cukup bandel, dengan tetap mengikuti program latihan bersama tim. Padahal, seharusnya ia tidak banyak melakukan gerakan, ketika merasakan nyeri di bagian rusuk. 

"Emang (bandel), dua setengah minggu dengan cedera yang gak ringan ini saya masih latihan dan lain-lain. Tanpa tahu sebenarnya ini gak tahu sakitnya apa, pas tahu disuruh istirahat di rumah dan buat saya itu susah. Kalau pun beberapa bulan di rumah saya masih bisa olah raga sendiri," ungkapnya. 

Sejauh ini, Kim merasa kondisi cederanya sudah berangsur membaik, sehingga ia merasa optimis bisa segera bergabung kembali dengan tim untuk persiapan mengarungi lanjutan Liga 1 2020.

"Uniknya karena sakitnya jadi terkonek, saya sakit kaki yang kerasanya ke punggung, nafas pun saya nafas dalem saya sakit, sekarang sudah enakan. Karena dua minggu saya memaksakan diri untuk gerak sesedikit mungkin," ujarnya. 

"Misalnya saya biasanya ke lapangan atau ke mana, tanpa ada latihan ya sama saja memperlambat proses pemulihan. Jadi untuk sekarang, saya cukup senang dengan proses yang dilewati, sehingga optimis minggu depan bisa ikut lagi latihan," tegasnya. 

Sementara itu, pada laga awal lanjutan Liga 1 2020, tim Persib akan melakoni pertandingan tandang menghadapi PSM Makassar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (04/10/2020). Setelah itu, skuat Maung Bandung akan dijamu Barito Putera di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 10 Oktober 2020.