Liga Indonesia

Robert Alberts Tak Masalah Jika Format Liga 1 2020 Berubah

Kamis, 15 Oktober 2020 22:59 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memastikan timnya tetap siap untuk melakoni kompetisi Liga 1 2020, walaupun dengan format yang berbeda. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memastikan timnya tetap siap untuk melakoni kompetisi Liga 1 2020, walaupun dengan format yang berbeda.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memastikan timnya tetap siap untuk melakoni kompetisi Liga 1 2020, walaupun dengan format yang berbeda dari sebelumnya.

Sebagai informasi, PSSI sudah menyusun sejumlah opsi agar Liga 1 2020 tetap bergulir. Pertama, menggulirkan kompetisi pada 1 November 2020 dan selesai pada Maret 2021.

Seandainya opsi pertama tak berjalan, maka PSSI akan membuat skema dan jadwal baru, yakni kompetisi akan digelar pada 1 Desember 2020 dan opsi ketiga yakni dimulai pada 1 Januari 2021.

Jika kompetisi digelar pada 1 Januari 2021, maka PSSI berencana membuat kompetisi menjadi dua wilayah. Karena, keterbatasan waktu, sebab pada Mei - Juni 2021 PSSI memiliki hajatan besar yakni Piala Dunia U-20.

Sejauh ini, pihak kepolisan menegaskan tidak akan memberikan izin keramaian selama masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan pandemi virus corona.

"Saya rasa ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, tapi saya pikir bagus karena semua fokus untuk menyelenggarakan liga, meskipun Liga yang berbeda," kata Robert Alberts, Kamis (15/10/2020).

Robert Alberts akan menunggu informasi selanjutnya, mengani kelanjutan dan format yang akan digunakan untuk Liga 1 2020.

Pasalnya, saat ini tim kebanggaan Bobotoh berada di puncak klasemen sementara Liga 1 2020 dengan mengoleksi sembilan poin, hasil dari tiga kemenangan atas Persela Lamongan, Arema FC dan PSS Sleman.

"Tapi tentunya harus ada pertimbangan, bahwa Persib sejauh ini sudah memimpin Liga dengan 9 poin dari tiga pertandingan, yang mana ini adalah poin maksimal yang mungkin didapat," ungkapnya.

"Tentunya jika liga akan dimulai lagi dengan format yang baru, semisal format turnamen tentu itu akan berbeda. Jadi, kita lihat nanti keputusannya bagaimana dan apa yang akan terjadi ketika kami memulai lagi liga di Januari," jelas Robert Alberts.

Sementara itu, sambil menunggu kejelasan mengenai lanjutan kompetisi Liga 1 2020, skuat Persib akan tetap menggelar latihan. Agar saat kompetisi bergulir, kondisi pemain sudah dalam keadaan siap bertanding.