Bola Internasional

Profil Cheongju FC, Klub Korea Selatan yang Inginkan 3 Pemain Indonesia

Senin, 19 Oktober 2020 17:21 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© instagram.com/cheongjufc
Skuat Cheongju FC Copyright: © instagram.com/cheongjufc
Skuat Cheongju FC
Profil Cheongju FC

Cheongju FC sendiri kabarnya mulai berdiri di tahun 2002 dengan nama Cheongju Solweis dan berkompetisi di Liga Amatiran. Perlu diketahui, kala itu kompetisi kasta ketiga Liga Korea Selatan baru muncul di tahun 2007.

Pada tahun 2007, di saat Liga 3 Korea Selatan telah didirikan, Cheongju Solweis sejatinya telah mendaftarkan diri untuk ikut berpartisipasi. Namun, hal itu urung terlaksana lantaran kurangnya persiapan kota Cheongju yang dinilai belum siap secara administrasi oleh pihak otoritas liga.

Dilansir dari situs resmi klub, cjcityfc.com, Cheongju Solweis mulai berganti nama menjadi Cheongju Jikji FC dan bergabung ke kompetisi Liga 3 Korea Selatan pada tahun 2009.

Cheongju Jikji FC pun diketahui lagi-lagi berganti nama, seiring dengan mereka yang berpindah kota menjadi Cheongju City FC pada tahun 2016. Lalu setelahnya, di tahun 2019, mereka melakukan merger dengan Cheongju FC dan menggunakan nama Cheongju FC hingga kini.

Perjalanan Cheongju FC di sepak bola Korea Selatan sendiri tidaklah mudah. Seperti yang pernah diberitakan oleh Goal Korea Selatan, Cheongju FC sempat ditolak oleh KFA, semacam PSSI-nya Korea Selatan untuk masuk ke dalam sistem K-League di akhir tahun 2019 karena masalah keuangan klub yang dinilai tidak stabil.

Namun, pihak klub melalui situs resminya mengabarkan bahwa Cheongju FC telah resmi menjadi bagian dari K-League di awal tahun 2020 ini.

Dilansir dari transfermakrt, Cheongju FC sendiri saat ini memiliki kekayaan skuat mencapai 1,93 juta euro, atau setara dengan Rp33,3 miliar. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan skuat Bali United yang mencapai 4,93 juta euro, atau setara Rp85,2 miliar.

Cheongju FC yang bermarkas di Cheongju Stadium ini berada di posisi kesepuluh klasemen Liga 3 Korea Selatan, atau K-3 League musim 2020 dengan raihan 31 poin dari 20 laga yang telah dilakoni.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%