Liga Champions

Pique Kena Kartu Merah di Liga Champions, Ronald Koeman Marahi Wasit

Kamis, 22 Oktober 2020 13:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Alex Caparros/Getty Images
Gerard Pique terkena kartu merah di laga vs Ferencvaros (Liga Champions). Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Gerard Pique terkena kartu merah di laga vs Ferencvaros (Liga Champions).

INDOSPORT.COM – Ronald Koeman merasa tidak terima dengan kartu merah yang dikantongi Gerard Pique ketika Barcelona menghadapi Ferencvaros untuk laga perdana Liga Champions, Rabu (21/10/20).

Barcelona sejatinya tampil gemilang saat meladeni Ferencvaros. Bermain di Camp Nou, tim asuhan Ronald Koeman itu memetik kemenangan dengan skor 5-1 atas tim asal Hungaria ini.

Sayangnya, kemenangan manis itu harus ternodai dengan hadiah kartu merah yang diterima Gerard Pique pada menit ke-68. Dirinya diusir oleh wasit setelah kedapatan menarik kaus pemain lawan sampai terjatuh di kotak terlarang.

Koeman nampaknya tidak setuju dengan keputusan wasit. Pelatih asal Belanda itu mengatakan bahwa penalti untuk Ferencvaros terlalu berlebihan.

“Kartu merah adalah hukuman yang terlalu keras,” kata Koeman dalam konferensi pers usai pertandingan melansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca. 

“(Pelanggaran Pique) menjadi penalti dan kartu merah terlalu berlebihan. Tapi, Anda harus menghargai bagaimana tim (Barcelona) bermain meski sudah dikurangi satu pemain,” lanjutnya.

Kartu merah yang diterima Pique itu berarti bahwa bek veteran asal Spanyol itu tidak bisa membela Blaugrana saat tim berkunjung ke Turin. Blaugrana dijadwalkan menghadapi Juventus untuk matchday kedua Liga Champions.  

Meski begitu, Koeman yakin bahwa ketidakhadiran Pique dalam laga kedua nanti tidak akan memengaruhi performa skuat. Dia juga sudah memiliki bek muda Ronald  Araujo yang cukup berkualitas.

“Saya sangat percaya kepada Araujo karena dia bermain di level yang baik dan saya tahu dia bisa menggantikan baik itu Lenglet maupun Pique," ujar Koeman. "Dalam hal itu, saya sangat tenang."

Setelah kartu merah Pique tersebut, Ferencvaros pun berhasil sedikit mengejar ketertinggalan menjadi 1-3 sebelum akhirnya kebobolan dua gol lagi dan menderita kekalahan 1-5.

Untungnya, Barcelona bisa mencetak dua gol tambahan lewat pemain pengganti Pedri dan Ousmane Dembele. Tiga gol awal Barcelona dicetak oleh Lionel Messi, Ansu Fati dan Philippe Coutinho.

Kemenangan telak itu membuat Barcelona untuk sementara memuncaki klasemen Grup G Liga Champions. Lionel Messi dkk unggul jumlah gol karena pada laga lainnya Juventus hanya menang 2-0 dari Dynamo Kyiv.