In-depth

Juventus vs Barcelona: Calon 2 Sejarah Baru Messi di Liga Champions

Rabu, 28 Oktober 2020 17:29 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Joan Valls/Urbanandsport /NurPhoto via Getty Images
Lionel Messi berpeluang membuat sejarah baru sebagai pemain pertama yang mencetak 70 gol di fase penyisihan grup Liga Champions Copyright: © Joan Valls/Urbanandsport /NurPhoto via Getty Images
Lionel Messi berpeluang membuat sejarah baru sebagai pemain pertama yang mencetak 70 gol di fase penyisihan grup Liga Champions
Pemain Pertama Cetak 70 Gol di Penyisihan Grup Liga Champions

Catatan spektakuler Barcelona di pentas Liga Champions memang akan sulit terjadi bila tanpa adanya kontribusi dari seorang Lionel Messi.

Empat dari total lima gelar juara Liga Champions yang berada di lemari trofi Barcelona tercipta sejak suami Antonella Roccuzzo itu datang pada 2004 silam.

Tidak hanya itu, Messi sendiri memiliki torehan gol di Liga Champions yang mungkin tidak akan pernah bisa disamai lagi oleh pemain Barcelona. Bagaimana tidak, selama 16 tahun, Messi mampu membuat 116 gol dari 144 penampilan di Liga Champions.

Kompetisi Liga Champions musim 2011/12 sendiri menjadi masa paling produktif Messi dengan 14 kali membobol gawang lawan dari 11 pertandingan.

Terkait gol di Liga Champions, Messi saat mencatatkan nama di papan skor kontra Ferencvaros, berhasil menyamai catatan Ryan Giggs bersama Manchester United sebagai pemain yang bisa mencetak gol di 16 edisi Liga Champions berbeda.

Selain itu, gol tersebut juga membuat Messi berada di penghujung mencetak sejarah baru, dengan torehan 69 gol di fase penyisihan grup Liga Champions.

Bila nantinya di laga Juventus vs Barcelona, Messi dapat membobol gawang Wojciech Szczesny, maka ia akan menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang bisa mencetak 70 gol di fase penyisihan grup.

Pemain Pertama yang Cetak 9 Hattrick di Liga Champions

Dalam pertandingan sepak bola, mencetak satu gol biasanya sangat sulit dilakukan karena harus melewati 11 pemain lawan dulu. Hal itu pun berlaku di pentas Liga Champions.

Seperti diketahui, Liga Champions hanya diikuti oleh klub-klub papan atas negara-negara Eropa. Jadinya, setiap pemain pasti butuh usaha ekstra agar bisa mencetak gol.

Meski sulit, pada kenyataanya ada pemain-pemain yang dalam satu laga bisa membuat kiper lawan tiga kali memungut bola dari gawangnya sendiri alias hattrick.

Lionel Messi sendiri bersama Barcelona menjadi pemain yang paling rutin menciptakan tigal gol dalam satu pertandingan. Debut hattrick Messi di Liga Champions sendiri terjadi saat Barcelona menang 4-1 atas Arsenal pada 6 April 2010 silam.

Sejak saati itu, Messi selanjutnya mampu tujuh kali lagi membuat hattrick di Liga Champions, yang membuatnya kini sudah mengoleksi 8 hattrick, catatan yang sama dengan rivalnya, Cristiano Ronaldo.

Melawan Juventus pun menjadi peluang emas bagi Messi untuk menasbihkan diri sebagai pemain yang paling banyak mencetak hattrick di Liga Champions.

Messi sendiri sudah pernah mencetak dua gol saat berhadapan dengan Juventus, yakni di penyisihan Grup D Liga Champions 201/18 pada 13 September 2017 lalu.

Namun, perlu dicatat, Messi sudah dua tahun tidak menambah pundi-pundi hattricknya. Terakhir ia merasakan hattrick kala Barcelona menang 4-0 atas PSV Eindhoven pada 18 September 2018 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%