Bola Internasional

Cerita Bagus Kahfi dan FC Utrecht, Klub Belanda yang Kental dengan Nuansa Indonesia

Sabtu, 31 Oktober 2020 13:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Federico Guerra Moran/NurPhoto via Getty Images
Salah satu klub besar di Belanda, FC Utrecht, mendadak ramai diperbincangkan usai viral bersamaan dengan bintang Timnas Indonesia U-19, Bagus Kahfi. Copyright: © Federico Guerra Moran/NurPhoto via Getty Images
Salah satu klub besar di Belanda, FC Utrecht, mendadak ramai diperbincangkan usai viral bersamaan dengan bintang Timnas Indonesia U-19, Bagus Kahfi.

INDOSPORT.COM - Salah satu klub besar di Belanda, FC Utrecht, mendadak ramai diperbincangkan usai viral bersamaan dengan bintang Timnas Indonesia U-19, Bagus Kahfi. Uniknya, FC Utrecht sendiri sudah tidak asing dengan pemain-pemain keturunan Indonesia.

Sebelumnya, Kabar mengejutkan datang dari pesepak bola Bagus Kahfi yang dikabarkan bergabung dengan tim sepak bola Eredivisie Belanda, FC Utrecht.

Berita bertajuk 'Bagus Kahfi Berlabuh ke FC Utrecht yang dirilis fcutrecht.net itu dengan cepat menjadi viral sejak pertama kali ditayangkan pada Jumat (30/10/20).

© fcutrecht.net
Media Belanda umumkan Bagus Kahfi gabung FC Utrecht. Copyright: fcutrecht.netMedia Fanbase klub Belanda, FC Utrecht, mengumumkan Bagus Kahfi gabung FC Utrecht.

Namun perlu diketahui, media itu hanyalah milik fanbase, bukan media resmi dari FC Utrecht sendiri. Dengan cepat, Bagus Kahfi memberikan klarifikasi yang sebenarnya.

Lewat sebuah percakapan singkat dengan akun Twitter @garagarabola_, penggawa muda Barito Putera dan Timnas U-19 itu membantah bergabung dengan FC Utrecht.

"Aku malah jadi takut ini berita dari mana, jadi aku diamkan saja, nggak mau ngeliat. Belum juga trial atau apa," ungkap Bagus Kahfi lewat akun Twitter @KRIBO_20.

Hal ini pun ditanggapi oleh manajer Barito Putera, Mundari Karya. Dirinya  tetap ingin meluruskan apa yang sesungguhnya terjadi antara Bagus Kahfi dan manajemen, serta Garuda Select sebagai wadah dirinya berlatih di Eropa.
 
"Pada prinsipnya, kita mendukung keinginan Bagus untuk bisa berkarir di Eropa, ini sesuai prinsip Barito, membangun sepak bola yang lebih maju," ucap Mundari saat dihubungi awak media INDOSPORT, Sabtu (31/10/20).

Barito Putera membuka kesempatan penuh untuk Bagus Kahfi bergabung dengan FC Utrecht atau klub Eropa lainnya, dengan dua pilihan yang prosedurnya sudah ditawarkan pihak Laskar Antasari kepada Garuda Select.

"Pertama, Barito mengizinkan Bagus Kahfi main di Eropa, tapi setelah selesai, Bagus kembali ke Barito, itu permintaan kita. Atau mau yang kedua, training kompensasi."

"Prosedur ini yang belum dilakukan oleh Garuda Select, padahal sudah difasilitasi. Waktu itu saya bicara dengan Bu Sekjen PSSI (Ratu Tisha) dan Marshal (Masita) selaku penanggung jawab Garuda Select," tutupnya.

Hingga berita ini dipublikasikan, belum ada keterangan resmi dari pihak klub FC Utrecht mengenai rumor transfer Bagus Kahfi. Meskipun begitu, FC Utrecht sendiri tidaklah asing dengan pemain-pemain yang bernuansa Indonesia.

Diketahui, banyak pemain-pemain keturunan Indonesia yang sempat mencicipi kariernya di klub berjuluk Domstedelingen ini. Bahkan, beberapa di antara mereka masih bermain di FC Utrecht hingga saat ini.