Bola Internasional

Melihat Timnas Sepak Bola AS yang Kini Kental dengan Aroma Eropa

Kamis, 5 November 2020 10:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Amerika Serikat (AS) saat ini tengah didominasi oleh para pemain yang berkarier di liga-liga Eropa.

Sepak bola mungkin bukan olahraga utama atau paling favorit di Negeri Paman Sam.Akan tetapi, eksistensinya layak diakui mengingat cukup banyak pemain luar negeri yang merumput di Major League Soccer (MLS).

Terlebih lagi, beberapa waktu lalu Timnas wanita mereka juga sempat mencuri perhatian berkat penampilannya yang impresif di ajang Piala Dunia. Nama-nama seperti Megan Rapinoe dan Alex Morgan pun semakin dikenal publik.

Demikian pula dengan Timnas prianya. Belum lama ini, pelatih mereka, Gregg Berhalter, memanggil sejumlah bintangnya jelang pekan internasional bulan November.

Uniknya, untuk agenda kali ini, Berhalter mengistirahatkan para pemain domestik lantaran musim reguler MLS baru saja selesai dan kini mamasuki fase playoff. Oleh karena itu, ia akan memanfaatkan roster yang bermain di Eropa.

Satu-satunya pemain yang tidak berasal dari Benua Biru adalah Johnny Cardoso, gelandang yang membela klub Brasil, Sport Club Internacional.  

“Saya rasa kami punya kedalaman skuat yang cukup bagus dari pemain-pemain Eropa,” ucap Gregg Berhalter seperti diberitakan laman USA Soccer.

Agenda pekan internasional kali ini sudah sangat dinanti oleh Berhalter yang terakhir mengumpulkan skuatnya pada bulan Februari 2020. Selama kurun waktu sembilan bulan, banyak hal telah terjadi, termasuk pandemi Covid-19.

Selain itu, Timnas AS terakhir kali bermain di kompetisi profesional pada November 2019 saat berlaga di CONCACAF Nations League. Tidak heran, ia begitu bersemangat untuk kembali melihat anak-anak asuhnya di training camp.

“Kami sangat senang bisa mengumpulkan para pemain karena sudah lama sekali. Terakhir kali pada 1 Februari dan dunia berubah sangat cepat setelahnya,” katanya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Gregg Berhalter juga berterima kasih kepada segenap tim medis tim yang sudah bekerja keras, sehingga para pemain berada dalam perlindungan yang memadai.

Ia juga memastikan setiap orang di timnya akan dicek kesehatannya secara berkala dan mengisolasi diri jika diperlukan.