Bola Internasional

4 Pemain yang Harus Menepi Karena Cedera Panjang

Selasa, 17 November 2020 19:23 WIB
Editor: Juni Adi
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Virgil van Dijk pergi meninggalkan lapangan di laga Everton vs Liverpool Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Virgil van Dijk pergi meninggalkan lapangan di laga Everton vs Liverpool

INDOSPORT.COM - Cedera merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sepak bola, namun itu tidak mengurangi nilai tragedi ketika setiap kali ada seorang pesepak bola besar divonis absen lama karena cedera panjang.

Di sepak bola modern, ketika teknologi kesehatan sudah semakin canggih, klub-klub sepak bola bisa meminimalisir risiko dan juga memangkas keperluan cedera panjang seorang pemain.

Namun sederet nama yang akan diulas berikut ini adalah beberapa nama besar, yang sangat disayangkan, harus menepi untuk jangka waktu yang panjang pada saat ini. Berikut INDOSPORT mengulasnya:

1. Virgil van Dijk

Semenjak direkrut dari Southampton pada Januari 2018, dengan uang hasil penjualan Philippe Coutinho ke Barcelona, Virgil van Dijk telah menjadi sosok yang tak tergantikan di lini pertahanan Liverpool.

Sang defender timnas Belanda kini dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik yang ada di dunia pada saat ini. Namun ketika Liverpool sangat memerlukannya pada musim ini, ia menderita cedera parah.

Itu disebabkan oleh tekel kiper Everton, Jordan Pickford, pada pertandaingan Derby Merseyside yang digelar tanggal 17 Oktober lalu. Van Dijk pun ditarik keluar dan divonis mengalami cedera ligamen lutut anterior (ACL) sesudahnya.

Ia sudah menjalani operasi dan kini diperkirakan akan menepi hingga musim berakhir, bahkan mungkin mengancam partisipasinya di pentas EURO 2020 pada musim panas tahun 2021 mendatang.

2. Ansu Fati

Ansu Fati melanjutkan kembali sensasinya pada musim ini. Setelah menembus tim utama Barcelona pada musim lalu, ia kini menjadi pilihan reguler bagi pelatih Ronald Koeman di kubu Camp Nou.

Musim ini, ia telah mencetak lima gol untuk Barcelona di semua ajang. Namun sayang, Fati menderita cedera robekan lutut pada pertandingan kontra Real Betis tanggal 7 November lalu.

Barca pun telah mengonfirmasi bahwa, setelah melaksanakan operasi, ia akan menepi selama setidaknya empat bulan ke depan.

3. Joe Gomez

Datang dari Chalton Athletic, Joe Gomez merupakan sosok yang tidak diduga bisa menjadi bintang di Liverpool. Namun sang pemain berusia 23 tahun itu sukses membuktikannya dengan menjadi sosok penting di pos bek tengah sejauh ini.

Ia telah melakoni 120 pertandingan untuk kubu Anfield di semua ajang, berpartisipasi dalam skuat yang memenangkan titel Liga Champions dan Liga Inggris selama dua tahun terakhir ini.

Namun sayang, Gomez divonis mengalami cedera lutut parah pada jeda internasional bulan November ini. Meski berhasil menghindar dari masalah ligamen, namun cedera ini juga membuatnya absen panjang, layaknya Virgil van Dijk.

4. Joshua Kimmich

Joshua Kimmich telah menjadi bagian penting di lini tengah Bayern Munchen semenjak melakukan transisi dari defender menjadi seorang gelandang, berkat bantuan Pep Guardiola beberapa tahun yang lalu.

Kimmich begitu impresif dalam perannya, meski Bayern berganti-ganti manajer, hingga saat ini bersama Hansi Flick. Namun ia tetap menjadi andalan hingga saat ini.

Sang gelandang berusia 25 tahun telah mencetak tiga gol dan tujuh assist dari 10 laga sebelum mengalami robekan meniskus pada kaki kanannya pada pertandingan kontra Borussia Dortmund pada tanggal 7 November lalu.

Dia pun harus menjalani operasi karenananya dan Bayern telah mengonfirmasi bahwa Kimmich baru diharapkan kembali ke lapangan pada Januari 2021. 

Penulis: Reinaldy Darius