In-depth

Menanti Debut Wonderkid Dortmund Youssoufa Moukoko di Bundesliga Jerman

Kamis, 19 November 2020 19:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Wonderkid Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, siap mengguncang Bundesliga Jerman. Copyright: © Twitter@almanfutbolu1
Wonderkid Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, siap mengguncang Bundesliga Jerman.
Youssoufa Moukoko Sudah Siap?

Akan tetapi, sebagai seorang senior yang pernah merasakan debut di usia muda dan bahkan sampai mencetak sejarah, Nuri Sahin pun memberi wejangan untuk Youssoufa Moukoko.

Jelas, secara psikologis, Moukoko yang masih berusia muda butuh dukungan moral agar bisa bertahan di kompetisi yang jauh lebih keras dan profesional.

Untuk saat ini, ia mungkin menikmati banyak pujian, tapi tidak semua orang di muka bumi ini akan terus-terusan memberinya sanjungan. Sahin menilai, hal inilah yang harus disiapkan Moukoko sebelum resmi debut di Bundesliga Jerman.

“Matahari seolah terus menyinarinya, tapi hari-hari penuh hujan akan segera datang. Penting sekali punya orang-orang yang bisa menemani dan membuatmu sadar bahwa hal-hal negatif juga bagian dari ini semua,” ucap Sahin lagi.

Sementara itu, Youssoufa Moukoko sendiri sepertinya tidak ingin terlalu ambil pusing dengan situasinya saat ini.

Ketika kebanyakan pemain muda merasa tidak sabar ingin segera debut, Moukoko lebih memilih tidak larut dalam tekanan atau euforia berlebihan. Ia sangat yakin kesempatan bisa datang kapan saja, meski lebih cepat jelas lebih baik.

“Saya tidak terlalu memikirkan apa yang akan terjadi pada tanggal 20 atau 21 nanti. Saya tahu, debut saya pasti akan terjadi suatu hari nanti,

“Saya pun membaca apa yang ditulis media tapi tidak menjadikannya tekanan,” demikian kata Moukoko seperti dikutip dari laman resmi Bundesliga Jerman.

Jika menilik sepak terjang Moukoko di usianya saat ini, kemungkinan besar ia tidak akan kesulitan beradaptasi dengan kompetisi yang lebih keras dan kejam.

Berlatih bersama tim senior Borussia Dortmund, bermain untuk Timnas Jerman U-20 yang mana cukup jauh dari kelompok umurnya, sepertinya mental Moukoko sudah terasah cukup baik meski belum sepenuhnya.

Ia harus terjun langsung ke panggung Bundesliga Jerman untuk merasakan sendiri sensasinya. Namun untuk saat ini, yang ada di benak Moukoko adalah tampil apik bersama Borussia Dortmund.

“Ketika pertama berlatih (di tim senior), saya berpikir, akan seperti apa masa depan saya nanti. Akan tetapi saya tidak peduli apa kata orang, saya punya jalan sendiri, saya hanya ingin membantu tim dan itu adalah alasan saya di sini,” ucapnya.

Sejak bergabung di tim junior Borussia Dortmund pada tahun 2014, Youssoufa Moukoko telah mencetak 141 gol dari 88 pertandingan. Musim ini saja, ia sudah mencatatkan 13 gol dari empat pertandingan di level U-19.

Tidak heran debut seniornya pun begitu dinanti oleh para penggemar Die Borussen, Bundesliga Jerman, dan para penikmat olahraga di seluruh dunia.

Borussia Dortmund akan menjamu Hertha Berlin pada hari Minggu (22/11/20) dini hari WIB. Apakah Youssoufa Moukoko bakal mendapatkan momen debutnya di laga ini atau ia masih harus menanti lebih lama lagi?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%