In-depth

Ibrahima Konate, Kira-kira Cocok atau Tidak untuk Liverpool?

Minggu, 6 Desember 2020 19:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Mario Hommes/DeFodi Images via Getty Images
Pemain RB Leipzig, Ibrahima Konate, dikaitkan dengan klub Liga Inggris, Liverpool. Copyright: © Mario Hommes/DeFodi Images via Getty Images
Pemain RB Leipzig, Ibrahima Konate, dikaitkan dengan klub Liga Inggris, Liverpool.

INDOSPORT.COM - Pemain RB Leipzig, Ibrahima Konate, belum lama ini dikaitkan dengan klub Liga Inggris, Liverpool. Demikian menurut laporan jurnalis Bild, Christian Falk.

Rumor transfer yang berkaitan dengan bek mung kin tidak sebanyak striker atau gelandang. Akan tetapi, pembicaraan ini menjadi penting bagi The Reds lantaran mereka tengah kehilangan Virgil van Dijk dan Joe Gomez.

Sebelumnya, kampiun Liga Inggris musim lalu tersebut sempat dikabarkan membidik Dayot Upamecano. Hanya saja, kans untuk mendapatkan sang pemain cukup sulit dengan banyaknya klub pesaing yang juga berminat.

Oleh karena itu, alternatif pun sudah disiapkan. Tidak perlu jauh-jauh, opsi rekrutan konon katanya jatuh pada rekan setim Upamecano di RB Leipzig, Ibrahima Konate.

Konate adalah seorang bek tengah yang masih muda, berbakat, dan mengesankan secara fisik, di samping ia juga cukup berpengalaman. Rasa-rasanya tidak sulit baginya untuk menembus starting XI The Reds dalam waktu yang relatif singkat.

Selain itu, Konate dan Upamecano memiliki karakter yang cukup mirip, mulai dari postur yang atletis dan sama-sama berasal dari Prancis.

Bahkan, situs resmi Bundesliga Jerman menyebut Konate bermain seperti Virgil van Dijk. Ia pandai memposisikan diri, menempel striker dengan ketat, mencegat operan dengan baik, serta melakukan tekel dan membangun serangan dari belakang.

Selain itu, ia punya kemampuan mengimbangi para striker yang berlari cepat. Belum lagi posturnya yang tinggi besar dan atletis cukup menakutkan bagi siapa saja lawan yang mencoba menembus pertahanan yang dijaganya.

Memiliki ciri fisik dan gaya bermain serupa Van Dijk bisa menjadikan Konate solusi masa kini dan masa depan Liverpool. Masih berusia 21 tahun, ia cocok jadi aset masa depan dan stok bek tengah The Reds.

Pasalnya, Van Dijk sendiri tahun depan sudah akan menginjak usia 30 tahun. Entah sampai kapan ia akan bermain di Anfield dan sepertinya Liverpool harus berjaga-jaga sejak dini agar mereka tidak kelimpungan ketika pemain andalannya itu pergi.