Liga Indonesia

Niat Jadi Pelatih Kelak, Oktafianus Fernando Mulai Tambah Jam Terbang

Kamis, 10 Desember 2020 10:05 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Coaching Clinic yang dilakukan Oktafianus Fernando di SSB Putra Lion Star. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Coaching Clinic yang dilakukan Oktafianus Fernando di SSB Putra Lion Star.

INDOSPORT.COM - Pemain Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando, sempat mengatakan bakal ikut kursus kepelatihan. Sejumlah persiapan dilakukan, antara lain berdiskusi dengan beberapa orang yang sudah terlebih dulu mengambil lisensi pelatih.

Selain itu, pemain yang akrab disapa Ofan tersebut juga mulai menambah jam terbangnya. Salah satunya coaching clinic di beberapa sekolah sepak bola (SSB) yang ada di Surabaya, 

"Sudah tiga kali saya menghadiri coaching clinic. Kegiatan ini membantu menambah jam terbang, dengan begitu bisa mempengaruhi saya. Kalau tidak dilatih sekarang terkadang nantinya kaget," kata Oktafianus Fernando, Rabu (9/12/20).

Beberapa kali menjadi mentor coaching clinic untuk anak-anak SSB diakui Ofan bisa sedikit mencicil mental, sebelum nantinya berhadapan langsung dengan instruktur saat ikut kursus pelatih.

"Jadi bisa membantu saat nanti ada instruktur yang lebih berpengalaman, tidak seberapa kagok nanti," tandas gelandang senior Persebaya Surabaya itu.

Pemain berusia 27 tahun itu barangkali belum bisa memastikan kapan mendaftar untuk mengambil kursus lisensi pelatih, namun arah ke sana sudah ada di dalam benaknya.

Diakui Ofan, tekad bulat untuk menekuni profesi pelatih terinspirasi Rendi Irwan yang terlebih dulu mengantongi lisensi C kepelatihan dan kini sudah mulai mempraktekkan ilmunya di SSB Kelud Putra.