Bola Internasional

Bikin Kantong Jebol, Ini 5 Gelandang Paling Berharga di Eropa

Kamis, 24 Desember 2020 13:11 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Nick Potts/PA Images via Getty Images
Selebrasi gol Bruno Fernandes di laga Manchester United vs Leeds United. Copyright: © Nick Potts/PA Images via Getty Images
Selebrasi gol Bruno Fernandes di laga Manchester United vs Leeds United.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah lima gelandang yang paling berharga dalam segi kontribusi menciptakan assist dan mencetak gol di daratan sepak bola eropa.

Dalam sepak bola, pemain tengah atau gelandang bisa disebut nyawa dalam tim. Karena seorang gelandang itu bertugas mengatur keseimbangan, entah itu untuk bertahan maupun menyerang.

Oleh karena itu tak jarang banyak klub yang rela menghabiskan banyak dana hanya untuk merekrut satu pemain gelandang potensial demi membangun sebuah tim yang solid di lini tengahnya.

Setelah era Xavi Hernandez, Andrea Pirlo, Andres Iniesta, David Beckham dll, kini dalam beberapa tahun kebelakang, telah muncul nama-nama baru yang digadang-gadang akan menjadi pemain tengah kelas dunia.

Dan berikut adalah lima gelandang yang paling berharga versi Indosport menurut keterlibatannya dalam menciptakan assist dan mencetak gol di sepak bola eropa.

5. Federico Valverde - Real Madrid

Jika berbicara soal Real Madrid, tentu yang ada di kepala kita adalah deretan pemain bintang. Di lini tengah Los Blancos saat ini ada nama-nama beken seperti Isco, Tony Kroos, dan peraih Ballon d'Or 2018, Luka Modric. 

Namun ternyata ada satu gelandang yang masih berusia sangat muda yang mencuri perhatian para pecinta sepak bola. Ia adalah Federico Valverde. 

© Diego Souto/Quality Sport Images/Getty Images
Federico Valverde bersama dengan Sergio Ramos Copyright: Diego Souto/Quality Sport Images/Getty ImagesFederico Valverde bersama dengan Sergio Ramos

Pemain berusia 22 tahun itu mampu menembus skuat utama Zinedine Zidane setelah sebelumnya jarang dimainkan karena cedera. Kini hingga pekan ke-14 Laliga Spanyol musim 2020/21 Valverde berhasil mencetak tiga gol dan satu assist dalam 11 pertandingan.

Real Madrid sadar akan potensi hebat yang dimiliki oleh Valverde. Klub pengoleksi 11 gelar Liga Champions itu mematok harga tinggi senilai 70 juta euro atau sekitar RP1,2 triliun dan mantan pemain Deportivo La Coruna itu masih mempunyai kontrak hingga Juni 2025.

4. Kai Havertz - Chelsea

The Blues mendatangkan Kai Havertz dari Bayern Leverkusen dengan harga 71 juta euro atau RP1,2 triliun pada bursa transfer musim panas lalu. 

Manajer Chelsea, Frank Lampard kepincut dengan Kai karena performanya saat membela Leverkusen sangat menjanjikan. Ia menyumbang 12 gol dan enam assist dalam 29 laga di Bundesliga musim lalu bersama Leverkusen.

© Getty Images
Mason Mount dan Kai Havertz 2. Copyright: Getty ImagesMason Mount dan Kai Havertz 2.

Namun penampilan apik Kai di Leverkusen belum terlalu kelihatan bersama Chelsea. Dari 12 pertandingan di Liga Inggris musim ini, Kai baru mencetak satu gol dan satu assist. Karena usia yang masih 21 tahun, Lampard rupanya masih sabar menunggu performa terbaik dari Kai. Apalagi ini adalah musim pertamanya di Liga Inggris.

Walaupun begitu harga pasaran Kai di bursa transfer malah naik. Menurut data yang disampaikan oleh Transfermarkt, Kai mempunyai banderol sebesar 81 juta euro, atau naik 9 juta euro saat Chelsea membelinya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%