Liga Indonesia

Update Pemain Asing Liga 1 2020 yang Hengkang dan Bertahan: Persija Masih Utuh

Jumat, 25 Desember 2020 23:34 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persija, Marko Simic dan kawan kawan usai mencetak gol ke gawang Borneo FC pada Liga 1 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (01/03/2020). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Persija, Marko Simic dan kawan kawan usai mencetak gol ke gawang Borneo FC pada Liga 1 di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (01/03/2020).

INDOSPORT.COM – Berikut beberapa update para pemain asing Liga 1 2020 yang masih bertahan maupun telah hengkang dari klubnya masing-masing. Legiun asing Persija paling loyal!

Kompetisi sepak bola Indonesia sendiri sejatinya memang telah mengalami mati suri, tepatnya pasca pandemi Covid-19 mulai mewabah pada Februari silam.

Tercatat hingga akhir tahun, PSSI belum melanjutkan kembali kompetisi sepak bola Tanah Air dan kemungkinan baru akan digulirkan pada tahun 2021 mendatang.

Dengan situasi liga yang belum jelas, banyak tim secara perlahan mulai ditinggalkan para punggawa asing mereka. Hal yang wajar, lantaran para pemain tentu lebih memilih tampil di kompetisi yang pasti.

Selain itu, kebijakan untuk memotong gaji para pemain selama pandemi juga jadi alasan mengapa banyak para pemain asing memutuskan hijrah dari Indonesia.

Teranyar, dua punggawa asing milik Persebaya yakni David da Silva dan Makan Konate yang memilih hengkang dan bergabung bersama Terengganu FC di Liga Malaysia.

Walau banyak tim yang ditinggal beberapa pemain asingnya, namun ada beberapa klub yang sampai penghujung tahun 2020 ini masih berhasil mempertahankan legion asing mereka.

Lantas, tim mana sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas update pemain asing Liga 1 2020 yang telah hengkang dan masih bertahan.

Arema FC
Tim asal Jawa Timur ini melakukan perombakan besar pasca pandemi melanda Liga 1. Sempat kehilangan semua pilar asingnya, manajemen Singo Edan pun bergerak cepat dengan mendatangkan pelatih asing baru serta dua pemain dari Brasil sebagai amunisi.

Keluar:
Jonathan Bauman, Oh In-kyun, Elías Alderete, Matías Malvino

Masuk/Bertahan:
Bruno Smith/Caio Ruan

Bali United
Sang juara bertahan Liga 1 musim lalu, Bali United berhasil menjaga beberapa pemain asing inti mereka, namun sayang Paulo Sérgio yang jadi motor serangan Laskar Tridatu memilih hengkang ke klub lain.

Keluar:
Paulo Sérgio

Bertahan:
Willian Pacheco , Brwa Nouri, Melvin Platje

Persija Jakarta
Klub Ibukota, Persija jadi salah satu tim Liga 1 yang berhasil mempertahankan seluruh pemain asingnya meski kondisi kompetisi tengah terhenti. Bahkan, skuad Macan Kemayoran tersebut malah mendatangkan satu pemain asing tambahan jelang kembali bergulirnya Liga 1 Indonesia.

Keluar: -

Masuk/Bertahan:
Yann Motta, Marko Šimić, Marco Motta, Rohit Chand, Marc Klok.