Liga Italia

3 Alasan Derby d' Italia Musim Ini Kembali Panas

Jumat, 15 Januari 2021 16:04 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images
Terdapat sejumlah alasan mengapa duel Derby d' Italia antara Inter Milan vs Juventus di Liga Italia musim 2020/21 ini adalah yang teristimewa. Copyright: © Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images
Terdapat sejumlah alasan mengapa duel Derby d' Italia antara Inter Milan vs Juventus di Liga Italia musim 2020/21 ini adalah yang teristimewa.

INDOSPORT.COM - Terdapat sejumlah alasan mengapa duel Derby d' Italia antara Inter Milan vs Juventus di Liga Italia musim 2020/21 ini adalah yang teristimewa. 

Duel sangat panas bakal tersaji pada pekan ke-18 Serie A Italia antara penghuni peringkat kedua, Inter Milan, menghadapi tim peringkat keempat, Juventus. Laga bertajuk Derby d' Italia itu akan dimainkan di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (17/01/21) dini hari WIB. 

Baik Inter dan Juventus saat ini sama-sama tengah bersaing dalam perburuan gelar juara Serie A Italia. Dalam lawatannya ke Milano, Juventus saat ini tengah dalam kepercayaan diri setelah memenangi tiga laga terakhir mereka di Serie A.

Sebaliknya, tim tuan rumah Inter sedang dalam tren negatif setelah gagal menang di dua laga terakhir termasuk kekalahan 2-1 atas Sampdoria. Meski begitu, skuad Antonio Conte pun tetap menargetkan kemenangan demi mengejar AC Milan di puncak klasemen. 

Liga Italia 2020/21 memang berbeda dibanding musim-musim sebelumnya. Saat ini, Inter Milan dan Juventus bersaing langsung dalam perburuan gelar juara. 

Sebelumnya, Juventus begitu dominan dan hampir selalu berada di puncak klasemen dan Inter hanya bisa bersaing untuk perebutan empat besar. 

Apa saja yang menyebabkan laga Derby d' Italia di Liga Italia musim ini begitu spesial dibanding musim sebelumnya? Berikut ulasannya untuk Anda. 

1. Dua Favorit Juara

Seperti disinggung di atas, laga Derby d' Italia paruh pertama musim ini begitu spesial lantaran baik Inter dan Juventus sama-sama berpeluang meraih gelar juara.  

Terkhusus Inter, mereka tengah merajut kebangkitan yang dimulai dari musim lalu. Pada musim ini Inter kembali tampil kompetitif dan duduk di posisi kedua klasemen dengan 37 poin. 

Sementara Juventus ada di peringkat keempat dengan 33 angka. Maka, laga Derby d' Italia pun terasa sangat spesial karena pemenang laga Senin dini hari nanti semakin berpeluang besar meraih gelar juara di akhir kompetisi. 

2. Bintang-bintang Baru

Sedikit lebih istimewa dari pertemuan-pertemuan sebelumnya, laga Inter vs Juventus musim ini memiliki kualitas yang lebih baik. 

Keberadaan bintang-bintang anyar di kedua tim menjadi penyebabnya. Inter Milan musim ini mengumpulkan sejumlah pemain bintang seperti Arturo Vidal dan Achraf Hakimi. Mereka bergabung dengan bintang-bintang lama seperti Romelu Lukaku, Alexis Sanchez, Nicolo Barella, Lautaro Martinez, dan lainnya. 

Sementara itu kubu Juventus juga tak mau kalah. Musim ini manajemen Bianconeri mendatangkan dua bintang ternama dunia seperti Alvaro Morata, Federico Chiesa. 

Juventus juga mendatangkan pemain muda potensial yang tengah naik daun seperti Dejan Kulusevski dan Weston Mckennie. Laga bertabur bintang ini pun diyakini bakal berlangsung amat seru. 

3. Gengsi Pirlo dan Conte

Laga Derby d'Italia musim ini akan istimewa dengan keberadaan Antonio Conte dan Andrea Pirlo di kursi kepelatihan. Seperti diketahui, Andrea Pirlo merupakan mantan anak asuh Conte saat di Juventus dulu. 

Bahkan, Pirlo menyebut Conte sebagai inspirasinya dalam melatih. Formasi 3-5-2 yang musim ini menjadi salah satu skema andalannya adalah hasil berguru dari Conte. 

Pertarungan antarguru dan murid itu pun bakal tersaji untuk pertama kalinyadi pekan ke-18 Liga Italia Senin dini hari nanti. Bumbu lain yang juga menyertai adalah fakta bahwa pelatih Inter Milan, Antonio Conte, merupakan mantan legenda Juventus baik saat menjadi pemain maupun pelatih.