Liga Indonesia

Tak Melulu Liga 1, Robert Rene Alberts Minta Piala Indonesia Juga Diutamakan

Selasa, 19 Januari 2021 16:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, sepakat Liga 1 2020 tidak dilanjutkan. Pasalnya, kompetisi sudah terlalu lama dihentikan, yakni sejak pertengahan Maret 2020.

Menurut Robert, usulan agar kompetisi Liga 1 2020 tidak dilanjutkan sudah sempat ia katakan sejak lama. Dia juga menyarankan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) fokus mempersiapkan kompetisi musim baru.

Pada pertemuan PT LIB dan klub yang digelar secara virtual, Jumat (15/1/21), mayoritas menuntut supaya kompetisi kasta paling tinggi sepak bola Indonesia musim 2020 tidak dilanjutkan.

"Saya sudah berbicara sejak Desember. Seharusnya kami menghentikan Liga 1 2020. Saya mengatakan hal itu pada Desember lalu mengingat kompetisi terhenti sejak Maret dan sekarang sudah masuk 2021," kata Robert Rene Alberts, Senin (18/1/21).

"Selain itu, berdasarkan situasi yang tak jelas juga. Jadi tidak bagus untuk melanjutkan Liga 2020 di 2021 alias memaksakannya," cetusnya.

Pelatih yang sempat menangani PSM Makassar ini juga berharap PSSI dan PT LIB turut memperhatikan Piala Indonesia. Pasalnya, ajang tersebut juga cukup bergengsi dan layak diprioritaskan setelah liga domestik.

Sejauh ini, Robert Rene Alberts belum mendengar ada pihak yang menyinggung Piala Indonesia, padahal ajang tersebut cukup penting lantaran bisa menjadi salah satu cara mendapatkan tiket berlaga di kompetisi Asia.

"Di waktu yang bersamaan juga jangan lupakan Piala Indonesia, karena saya hanya mendengar masukan soal liga. Saya belum dengar ada masukan mengenai Piala Indonesia," ujar Robert Rene Alberts.

"Padahal ini adalah cara kedua bagi klub Indonesia maju ke kompetisi AFC, tapi tidak pernah disebut. Saya pikir Piala Indonesia harus tetap diperhatikan karena di negara lain tergolong turnamen terpenting kedua setelah liga," pungkasnya.

Sementara itu, masa depan kompetisi Liga 1 2020 belum ditentukan karena masukkan dari klub akan dibahas kembali oleh PSSI dalam waktu dekat.