Futsal

Diikuti Pemain Timnas, Panitia Turnamen Futsal di Medan Langgar Prokes Ditahan dan Kapolsek Dicopot

Jumat, 5 Februari 2021 03:21 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Panitia turnamen futsal ditahan pihak kepolisian dan Kapolsek Percut Sei Tuan, Medan dicopot dari jabatannya, karena melanggar protokol kesehatan (kesehatan).

Hal ini tak lepas karena partai final turnamen fun futsal cup 2021 yang mempertemukan tim Polsek Medan Kota kontra tim Al Wasliyah Tanjung Balai yang digelar di GOR Mini Dispora Sumut, Medan, Minggu (31/1/21) lalu.

Partai final itu sempat viral di media sosial karena jumlah penonton yang sangat ramai dibandingkan laga semifinal sebelumnya, sehingga melanggar prokes terutama terjadi kerumunan orang serta tidak menjaga jarak dan kedapatan yang tidak memakai masker.

Bahkan diketahui tim pemenang turnamen yakni Polsek Medan Kota itu diperkuat sejumlah pemain bintang dan Timnas futsal seperti Bambang Bayu Saptaji, Marven Alexa, Evan Soumelina dan nama-nama lainnya.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan dalam kasus pertandingan futsal tersebut diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 dan melanggar aturan prokes dan Polrestabes Medan telah menahan dan menetapkan panitia berinisial BG sebagai tersangka.

"Dalam keterangannya, tersangka BG nekat menyelenggarakan turnamen futsal karena mencatut nama dan logo Polda Sumut karena tersangka sebelumnya pernah menjadi PHL (honorer) di Mapolda Sumut," Kata Kombes Hadi, kemarin.

Lebih lanjut, Hadi mengungkapkan setelah diselidiki dari pengakuan tersangka BG ternyata Polda Sumut maupun Polrestabes Medan tidak pernah mengeluarkan izin keramaian untuk menyelenggarakan turnamen futsal tersebut. 

Akibat dari penyelenggaraan turnamen futsal ini, lanjut Hadi, Kapolda Sumut mengambil langkah tegas mencopot jabatan Kapolsek Percut Sei Tuan dan Kanit Reskrim Polsek Medan Kota.

Diciptakannya Kapolsek Percut Sei Tuan AKP Ricky P Atmaja ini tak lepas karena event tersebut berada di wilayah hukum Polsek Percut Sei Tuan. Selain itu Kanit Reskrim Polsek Medan Kota Iptu Ainul Yaqin turut dicopot karena ikut berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

"Sesuai instruksi Kapolda Sumut setiap yang melanggar aturan protokol kesehatan baik sipil maupun anggota Polri akan diberikan sanksi tegas," pungkas Kombes Hadi.