Liga Indonesia

Jacksen Tiago: Maret Waktu yang Tepat Gulirkan Turnamen Pra Musim

Sabtu, 6 Februari 2021 16:45 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© Media Officer Persipura
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago. Copyright: © Media Officer Persipura
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago.

INDOSPORT.COM - Jacksen F. Tiago menilai, Bulan Maret adalah waktu yang tepat bagi klub untuk segera memanaskan mesin, sekaligus menjalani rangkaian pertandingan pra musim kompetisi.

Dalam program pra musim, tim-tim di Indonesia selalu mengisinya dengan pemusatan latihan hingga pertandingan. Uji coba dinilai berperan penting, entah itu dengan format eksebisi maupun turnamen.

"Jika kompetisi Liga 1 langsung diputar tanpa turnamen pra musim, tentu tidak tepat," ujar Jacksen Tiago kepada INDOSPORT, Jumat (05/02/21).

Maka dari itu, turnamen pra musim menjadi wajib dengan situasi yang terjadi saat ini. Dan bagi Jacksen, waktu yang tepat memulainya adalah pada Maret, dengan asumsi kompetisi dimulai awal Juni 2021 mendatang.

"Bukan lagi ideal, tapi itu sudah waktu yang tepat. Karena pertengahan April sudah memasuki bulan puasa," ungkap Pelatih Persipura Jayapura pada musim 2020 lalu itu.

"Kenapa ada dua bulan waktu setelah kompetisi dan sebelum dimulai? Karena untuk mengembalikan feeling ball dengan pertandingan uji coba," sambung dia.

Jacksen Tiago sejauh ini juga belum berancang-ancang untuk memulai persiapan anak asuhnya. Skuat Persipura masih berstatus dibubarkan pasca rencana lanjutan kompetisi Liga 1 musim batal terlaksana pada awal November tahun lalu.