Liga Indonesia

Bukan Gol, Ini yang Bikin Riko Simanjuntak Puas Ketika Bertanding

Minggu, 14 Februari 2021 14:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Riko Simanjuntak (kanan) melakukan sundulan, Kamis (28/11/2019). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Riko Simanjuntak (kanan) melakukan sundulan, Kamis (28/11/2019).

INDOSPORT.COM - Gelandang sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak mengatakan tidak berambisi mencetak banyak gol. Satu hal yang sudah cukup membuatnya puas dan bahagia adalah ketika memberikan umpan matang yang bisa dikonversi menjadi gol.

Menurut Riko, proses terjadinya gol lebih indah dan menantang. Ia mengaku senang ketika terlibat dalam proses tersebut dan bisa membantu tim meraih kemenangan.

"Jika harus memilih antara membuat assist atau mencetak gol, saya lebih pilih bikin assist. Karena itu jadi sesuatu yang bisa membuat saya senang," tuturnya dalam rilis klub.

"Sebelum terjadi gol pasti ada prosesnya kan, itulah mengapa saya senang jika terlibat dalam proses gol tersebut dan bisa membantu teman mencetak gol. Jujur saya senang jika bisa melakukan keduanya, tapi kalau disuruh pilih saya lebih suka membuat assist," kata Riko.

Pada musim pertamanya membela Persija Jakarta, Riko menciptakan sembilan assist. Pemain asal Sumatera Utara itu membantu Macan Kemayoran meraih gelar juara Liga 1 Indonesia 2018.

Musim 2019, Riko membuat tujuh assist. Pada Liga 1 musim 2020, dia sudah membuat dua assist dari dua pertandingan. Sayangnya, jumlah assist-nya tak bertambah karena Liga 1 2020 dihentikan karena adanya pandemi.

"Mungkin karena posisi saya juga di sayap ya, jadi menurut saya, kalau prioritas utama sayap itu kan memberi umpan, crossing ke teman-teman di daerah penyerangan. Ketika memberikan umpan dan umpan tersebut bisa dikonversikan jadi gol tentu ada kepuasan tersendiri buat saya," tutup Riko.