Liga Indonesia

Umuh Muchtar Nilai Idealnya Kompetisi 2021 Digelar Setelah Idul Fitri

Senin, 15 Februari 2021 02:50 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
© Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar, ditemui seusai manager meeting bersama PT LIB di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/2020).‎ Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar, ditemui seusai manager meeting bersama PT LIB di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Senin (21/09/2020).‎

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menilai idealnya kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia, Liga 1 2021 digelar setelah Idul Fitri. 

Menurut Umuh Muchtar atau yang akrab disapa Pak Haji ini, dengan digelarnya kompetisi setelah Idul Fitri, maka tim akan memiliki persiapan yang matang. Sedangkan, jika digelar dalam waktu dekat, tim akan memiliki persiapan yang singkat.

"Ya kalau sudah seperti ini ya paling setelah lebaran. Karena, kalau dipaksakan cepat-cepat juga ya tim harus persiapan semua, gak bisa cepat," kata Umuh.

Seperti diketahui, sebelumnya beredar jadwal Liga 1 2021 akan dimulai pada 11 Juni 2021. Sedangkan Liga 2 2021 akan kick off pada 26 Juni.

Terkuaknya jadwal, Liga 1, Liga 2 serta wacana turnamen pramusim tertera dalam presentasi PSSI dan PT LIB bersama Menpora, Polri, Satgas Covid-19 serta KONI beberapa hari lalu.  

Dalam presentasi tersebut, turnamen pramusim akan menjadi pembuka sebelum dilaksanakannya Liga 1 maupun Liga 2 berlangsung. Turnamen pramusim, rencananya akan digelar pada 20 Maret dan diikuti sebanyak 20 Tim.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita menanggapi jadwal Liga 1 2021 yang telah bocor. PT LIB menilai, jadwal tersebut masih sebatas rencana.

Sementara itu, Umuh sebelumnya merasa optimis kompetisi sepak bola di Indonesia bisa bergulir kembali setelah dihentikan sejak pertengahan Maret 2020 lalu.

Mantan manajer Persib ini juga optimis, dengan berbagai pertimbangan pihak Kepolisian akan memberikan izin agar kompetisi sepak bola di Indonesia bergulir kembali. Apalagi, kompetisi di berbagai negara sudah bergulir.

"Saya optimis, yakinlah dari Kepolisian bisa menilai dan melihat karena di luar negeri juga kompetisi sudah berjalan. Dengan kebijakan dari polisi juga insya Allah, saya yakin Kepolisian bisa memberikan kebijakan," ucap Umuh.

Umuh menuturkan, semua pihak harus berupaya agar kompetisi bisa bergulir kembali dengan lancar di tengah pandemi corona atau covid-19, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan mengikuti aturan yang berlaku.