Liga Inggris

Para 'Pengkhianat', Deretan Evertonian yang Jadi Pemain Legendaris Liverpool

Jumat, 19 Februari 2021 22:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Alex Livesey/Getty Images
Laga panas akan tersaji antara Liverpool vs Everton, Minggu (21/02/21). Berikut 5 penggemar The Toffees yang akhirnya justru jadi pemain legendaris The Reds. Copyright: © Alex Livesey/Getty Images
Laga panas akan tersaji antara Liverpool vs Everton, Minggu (21/02/21). Berikut 5 penggemar The Toffees yang akhirnya justru jadi pemain legendaris The Reds.

INDOSPORT.COM – Laga panas akan tersaji antara Liverpool vs Everton, Minggu (21/02/21). Berikut 5 penggemar The Toffees yang akhirnya justru jadi pemain legendaris The Reds.

Kompetisi Liga Inggris akan memasuki pekan ke-25. Salah satu laga yang akan berlangsung adalah Derby Merseyside antara Liverpool vs Everton, Minggu (21/02/21) pukul 00.30 WIB.

Laga ini diyakini akan panas karena rival sekota ini memiliki misi masing-masing. Liverpool ingin mengakhiri 3 kekalahan beruntun di Liga Inggris dan kembali ke 4 besar. Sementara itu, Everton juga ingin kembali menang setelah mengalami 2 kekalahan dan 1 seri, serta kembali ke zona liga Eropa.

Derby Merseyside sendiri tercipta ketika Everton meninggalkan Anfield karena tidak menyujui kenaikan uang sewa, yang kemudian direspons oleh sang pemilik stadion dengan mendirikan klub sepak bola baru.

Layaknya perseteruan tim sekota, laga ini pun kerap menampilkan tensi tinggi di lapangan. Meski demikian, kedekatan antara kedua tim juga terlihat dari sejumlah pemain yang pernah membela kedua kubu.

Di sisi lain, tak sedikit pula mereka yang semasa kecil merupakan penggemar Everton, justru membelot dan menjadi pemain Liverpool, atau sebaliknya.

Berikut ini deretan Evertonian yang ‘berkhianat’ dan berujung menjadi pemain legendaris bagi Liverpool:

5. Michael Owen

© Twitter El Primeira
Striker legendaris Liverpool, Michael Owen. Copyright: Twitter El PrimeiraStriker legendaris Liverpool, Michael Owen.

Michael Owen merupakan penggemar Everton sejak kecil mengingat sang ayah, Terry, pernah bermain untuk The Toffees. Namun, meski menunjukkan bakat besarnya sejak kecil, The Toffees tak pernah tertarik padanya dan ia pun akhirnya bergabung dengan Liverpool sejak usia 12 tahun.

Gemilang di akademi, Michael Owen pun kemudian sukses menembus tim utama pada usia 17 tahun. Sepanjang 8 musim ia mencetak 158 gol dari 297 penampilan dan menghadirkan sejumlah gelar, sebelum memutuskan hengkang ke Real Madrid pada tahun 2004.

4.  Steve McManaman

Lahir di Merseyside, Steve McManaman mendukung Everton sejak kecil dan mengidolakan Bob Lachford dan Duncan McKenzie. Namun, ketika The Toffees menawarinya kontrak, ayah McManaman menolak dan lebih memilih pinangan dari The Reds.

Sepanjang kariernya, Steve McManaman bermain 9 musim bersama The Reds dan mencatatkan 364 penampilan di semua kompetisi serta menahbiskan diri sebagai salah satu pemain terbaik Inggris di periode 90-an. Ia kemudian meninggalkan Anfield pada 1999 untuk bergabung dengan Real Madrid