In-depth

Para Jawara Bertahan Liga-liga Eropa yang Jeblok Musim Ini

Senin, 22 Februari 2021 16:09 WIB
Editor: Juni Adi
© Clive Brunskill/Getty Images
Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Diogo Jota Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Diogo Jota

INDOSPORT.COM - Liga-liga top Eropa musim ini tidak terasa tinggal menyisakan beberapa pertandingan lagi, untuk mencapai garis finis persaingan. 

Sejumlah dinamika telah banyak dilalui klub-klub terutama di masa pandemi covid-19 ini, dimana banyak kompetisi yang dihentikan sememtara waktu.

Hal tersebut rupanya berdampak besar bagi performa klub, khususnya bagi para kampiun yang kesulitan untuk mempertahankan gelar juara dari musim lalu ke musim ini.

Salah satunya adalah Liverpool. Di awal Liga Inggris musim ini 2020/2021 ini, The Reds sempat tampil konsisten seperti dua musim lalu dimana mereka sulit dikalahkan.

Hal itu membuat anak asuh Jurgen Klopp merasa optimis bisa mempertahankan gelar juara Liga Inggris yang mereka raih musim kemarin. 

Akan tetapi rasa optimisme itu sempat luntur ketika mereka dibantai 7-2 oleh Aston Villa di Villa Park pada pekan ke-4. Selain itu, bek andalan mereka Virgil Van Dijk menjadi tumbal kekalahan tersebut.

Van Dijk mengalami cedera serius hingga harus absen sampai akhir musim ini. Tapi meski kehilangan bek tangguhnya, Liverpool masih bisa bermain baik.

Dilihat dari 12 pertandingan selanjutnya di Liga Inggris, dimana mereka tak terkalahkan. Sayangnya, hal itu juga beriringan dengan badai cedera yang menimpa mereka.

Satu per satu para pemain andalan mereka di lini belakang, tengah maupun depan bertumbangan hingga akhirnya gagal bermain konsisten dalam meraih kemenangan.

Berawal sejak kalah dari Southampton 1-0 di pekan ke-17, Liverpool jadi tim lemah. Karena mereka juga bisa dikalahkan oleh tim papan bawah Burnley di pekan ke-18 dengan skor 1-0.

Kemudian di tujuh pertandingan selanjutnya, mereka hanya bisa meraih dua kali kemenangan, satu imbang dan merasakan empat kali kekalahan beruntun dalam empat laga terakhirnya di Liga Inggris.

Alhasil, Liverpool kini harus melorot ke poosisi enam dalam tabel klasemen sementara Liga Inggris hingga pekan ke-25 dengan koleksi 40 poin.

Mereka terpaut 19 angka dari Manchester City di puncak dan berselisih lima poin dari West Ham United di posisi ke-4 alias zona aman tiket Liga Champions untuk musim depan.

Sulit rasanya untuk Liverpool mempertahankan gelar dan mengejar Man City yang akhir-akhir tampil konsisten, dengan 13 pertandingan sisa. Finis di posisi empat besar bisa jadi target realistis Mohamed Salah dan kolega untuk musim ini.

Selain Liverpool, ada tiga tim besar lain yang berstatus sebagai juara liga musim lalu yang juga mengalami performa menurun musim ini. Siapa saja mereka? berikut ulasannya:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%