In-depth

Juventus Makin Jauh dari Scudetto, Andrea Pirlo Masih 'Sok Tegar'

Selasa, 2 Maret 2021 18:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Ketegaran Andrea Pirlo terhadap target Juventus menjuarai Liga Italia 2020-2021 semakin mendekati absurd setelah berulangkali membawa timnya tersandung. Copyright: © Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Ketegaran Andrea Pirlo terhadap target Juventus menjuarai Liga Italia 2020-2021 semakin mendekati absurd setelah berulangkali membawa timnya tersandung.

INDOSPORT.COM - Ketegaran Andrea Pirlo terhadap target Juventus menjuarai Liga Italia 2020-2021 semakin mendekati absurd setelah berulangkali membawa timnya tersandung. 

Juventus harus kembali menelan pil pahit usai ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Verona pada laga pekan ke-24 Liga Italia. Gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-49 mampu dibalas oleh Antonin Barak (77'). 

Hasil itu mau tidak mau membuat Juventus makin tertinggal dari pemuncak klasemen Inter Milan. Selisih poin Bianconeri dengan I Nerazzurri kini meregang sebanyak 10 poin. 

Sedangkan dengan AC Milan di peringkat kedua, Juventus berselisih enam poin. Jelas situasi ini semakin menyulitkan Juventus untuk menggapai target menjuarai Serie A Italia. 

Hasil mengecewakan ini terjadi kurang dari dua pekan saat Federico Chiesa dkk dikalahkan oleh Napoli 1-0. Dalam kurun waktu tersebut, Juventus juga tumbang di Liga Champions di tangan FC Porto. 

Meski demikian, respons kontradiktif diberikan oleh Andrea Pirlo. Sampai saat ini Pirlo masih optimistis timnya bisa meraih gelar juara Serie A meski berselisih 10 poin. 

"Kami tak melihat ke siapa yang berada di atas kami, atau di belakang kami. Kami berkonsentrasi pada diri sendiri. Tujuannya harus tetap sama, ada banyak pertandingan dan selama ada ruang untuk bangkit, kami akan ada di persaingan," ujarnya dikutip Football Italia.

© Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty Images
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo. Copyright: Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty ImagesStriker Juventus, Cristiano Ronaldo, tertunduk lesu setelah timnya gagal menang.

Optimisme atau bisa dibilang ketegaran dari Pirlo memang perlu dihargai. Namun, ketika hal itu terjadi di pekan ke-24, maka rasanya cukup memuakkan bagi fans Juventus sekali pun. 

Ya, meski timnya terus menerus tersandung dan gagal menjaga selisih poin, Pirlo tak henti-hentinya membangun harapan dan tidak sedikit pun mengeluarkan raut kekhwatairan soal peluang timnya.

Pada batas tertentu, sikap Andrea Pirlo ini malah membuat dirinya terlihat angkuh. Alih-alih mewaspadai kekuatan musuh dan menyusun target terdekat, Pirlo memilih untuk berpegang pada keyakinannya meski pun fakta di lapangan berkata sebaliknya.