In-depth

Sejarah Kolaborasi Ciamik Owen-Gerrard Hadirkan Trofi Piala Liga Inggris

Selasa, 2 Maret 2021 21:15 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Liverpool FC
Dua bintang Liverpool, Michael Owen dan Steven Gerrard, mengangkat trofi Piala Liga Inggris usai mengalahkan Manchester United di final, 2 Maret 2003 Copyright: © Liverpool FC
Dua bintang Liverpool, Michael Owen dan Steven Gerrard, mengangkat trofi Piala Liga Inggris usai mengalahkan Manchester United di final, 2 Maret 2003

INDOSPORT.COM - Memetik kemenangan atas musuh bebuyutan di partai final tentu menghadirkan kepuasan luar biasa kepada para pemain. Situasi ini dialami oleh Liverpool saat menjuarai Piala Liga Inggris 2002-2003. 

Liverpool merengkuh trofi usai mengalahkan Manchester United dua gol tanpa balas. Sebuah momen istimewa yang mengulangi pencapaian dua dekade terdahulu, tepatnya saat Si Merah menang 2-1 atas sang rival pada edisi 1982-1983.

Sepasang gol Liverpool dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Millennium Cardiff, 2 Maret 2003, itu berasal dari sepakan spektakuler Steven Gerrard pada menit ke-39 dan pameran kecepatan Michael Owen empat menit sebelum bubaran.  

Sepakan Steven Gerrard tergolong spektakuler karena ia melakukannya dari jarak 25 meter. Bola sempat sedikit mengenai kaki bintang Manchester United, David Beckham, sehingga arah tembakan menjadi sulit dijangkau oleh kiper Fabien Barthez.

Tertinggal 0-1 memaksa Manchester United semakin ngotot melancarkan tekanan dan mencari gol. Akan tetapi, kiper Liverpool, Jerzy Dudek tampil heroik dengan mementahkan segala bentuk ancaman yang datang, mulai dari Ruud van Nistelrooy, Juan Veron, hingga Paul Scholes.

Belakangan, Dudek dinobatkan sebagai man of the match berkat performa gemilang menggagalkan seluruh peluang gol Manchester United sekaligus mengukir clean sheet.

Kehebatan Dudek mempertahankan gawang dari serbuan lawan sampai dipuji pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson. Dia kagum dengan kualitas kiper legendaris Polandia tersebut.

“Faktor penentu kesuksesan Liverpool di final Piala Liga Inggris kali ini adalah kiper mereka, Jerzy Dudek, yang bermain luar biasa,” cetus Sir Alex Ferguson.