Bola Internasional

Tolak Bela Indonesia, Bek Leeds United Selangkah Lagi Jadi Milik Belgia

Selasa, 2 Maret 2021 04:19 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Alex Dodd - CameraSport/Getty Images
Pemain klub Divisi Championship Leeds United U-23 Pascal Struijk. Copyright: © Alex Dodd - CameraSport/Getty Images
Pemain klub Divisi Championship Leeds United U-23 Pascal Struijk.

INDOSPORT.COM – Bek berdarah Indonesia yang membela Leeds United, Pascal Struijk dikabarkan bakal membela Timnas Belgia jika menilik pernyataan pelatih Eden Hazard dkk, Roberto Martinez.

Pascal Struijk merupakan bek milik Leeds United yang sempat menghebohkan sepak bola Tanah Air. Hal ini tak lepas dari garis keturunan bek berusia 21 tahun tersebut yang memang memiliki darah Indonesia.

Struijk memiliki darah Indonesia dari kakek dan nenek keluarga sang ayah. Namun, ia lahir di Belgia tepatnya di Antwerp dan tumbuh di Belanda.

Dengan rekam jejaknya, Struijk pun memiliki kesempatan besar untuk membela tiga tim nasional yakni Belanda, Belgia dan Indonesia.  Siapa yang menyangka, dari ketiga negara tersebut, Belgia lah yang berkesempatan besar dibela olehnya.

Hal ini disimpulkan dari pernyataan pelatih Timnas Belgia sendiri yakni Roberto Martinez. Menurut pengakuannya, ia telah memantau Pascal Struijk dan terkesan oleh penampilannya bersama Leeds United.

Bahkan, Martinez menyebut ia dan timnya membutuhkan bek sekelas Struijk untuk menempati posisi bek tengah kiri yang cocok dengan pemain berkaki kidal sepertinya. Sejauh ini, Belgia tak banyak memiliki opsi bek sepertinya.

“Saya terkesan dengan performanya (Struijk) ketika dia mulai bermain bersama Leeds United di Divisi Championship. Kami memang harus melihat masa depan, tapi kami tak memiliki profil bek sepertinya, yakni bek tengah kiri.

“Dia (Struijk) dinamis dan bisa bermain di beragam posisi. Kami beruntung punya Jan Vertonghen atau Thomas Vermaelen (bek berkaki kidal). Tapi mereka sudah berusia 30 tahun lebih,” tutur Martinez kepada RTBF.

Martinez lebih lanjut mengaku telah memantau perkembangan Struijk selama 18 bulan terakhir, termasuk di musim 2020/21 ini saat dirinya menjadi andalan Leeds di pentas Liga Inggris.

Pascal Struijk sendiri diyakini tengah menimbang tim nasional manakah yang akan ia bela antara Belanda dan Belgia, mengingat dirinya pernah membela tim junior Belanda.