Liga Europa

Fakta dan Data Jelang Duel Manchester United vs AC Milan

Kamis, 11 Maret 2021 18:15 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Fakta dan data pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa antara Mancehster United vs AC Milan di Stadion Old Trafford, Rabu (12/03/21) dini hari WIB. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Fakta dan data pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa antara Mancehster United vs AC Milan di Stadion Old Trafford, Rabu (12/03/21) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Duel seru akan tersaji di leg pertama babak 16 besar Liga Europa antara Mancehster United vs AC Milan di Stadion Old Trafford, Rabu (12/03/21) dini hari WIB.

Manchester United dan AC Milan akhirnya kembali berjumpa di kompetisi Eropa. Namun, kali ini mereka tak berjumpa di ajang Liga Champions, melainkan Liga Europa. 

Musim 2020-2021 menjadi musim yang spesial bagi Man United dan AC Milan. Tak banyak yang mengira, di musim ini kedua tim sanggup melesat ke persaingan juara. 

Sayang, jelang pertemuan kedua tim, baik Man United dan AC Milan sama-sama didera badai cedera. Setidaknya, di tim Man United ada enam pemain yang mengalami cedera, dua di antaranya harus absen panjang. 

Dalam daftar ini, tiga nama pemain bintang: Paul Pogba, Marcus Rashford, dan Edinson Cavani ikut tercantum. Solskjaer pun mesti putar otak untuk mengatasi ini. 

Sebagai gantinya, Solskjaer akan memainkan Anthony Martial sebagai starter di ujung tombak dan menempatkan Daniel James di pos penyerang kiri.

Sementara itu, di kubu AC Milan ada lima pemain yang cedera parah dan 3 pemain yang mengalami cedera ringan. Di antara pemain yang cedera parah terdapat dua nama bintang andalan, Hakan Calhanoglu dan Ismael Bennacer. 

Jelang duel seru ini, kami telah mengumpulkan sejumlah fakta dan data yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. Bertemu 5 Leg, AC Milan Unggul

Manchester United dan AC Milan telah bertemu di kompetisi resmi Eropa sebanyak lima kali. Pertemuan itu semua terjadi dalam sistem dua leg, yakni musim 1957/58, 1968/69, 2004/05, 2006/07, dan 2009/10. 

Dalam duel kedua tim, AC Milan unggul jauh dengan memenangi empat dari lima perjumpaan kedua tim. Meski begitu, pada pertemuan terakhir musim 2009/10, AC Milan harus tersingkir pertama kalinya dari Man United. 

Namun menariknya, dari total 10 pertandingan di ajang resmi Eropa, AC Milan dan Man United sama-sama berbagi lima kali kemenangan. Kedua tim belum pernah bertanding dengan skor imbang. Pertemuan pada Jumat dini hari nanti merupakan perjumpaan pertama kedua tim di Liga Europa. 

2. Wayne Rooney Paling Subur

Dalam laga kedua tim, ada satu pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak. Pemain itu adalah bomber milik Man United, Wayne Rooney. 

Wayne Rooney menjadi pemain paling subur di duel Man United vs AC Milan dengan total enam gol. Kedua tim sendiri telah bertarung 10 kali dengan sebanyak 16 gol dibuat AC Milan dan 13 gol dibuat oleh Man United. 

3. Rekor Kandang Manchester United

Jelang laga melawan AC Milan, Manchester United memiliki modal bagus pada laga kandang. Man United tercatat tidak terkalahkan dalam 15 pertandingan kandang terakhir di ajang Liga Europa dengan catatan 12 kemenangan dan 3 kali imbang. 

Namun, Manchester United harus waspada. Sebab, AC Milan juga memiliki catatan tandang yang cukup bagus. I Rossoneri belum kalah di enam laga tandangnya di Liga Europa musim ini. 

Rinciannya, Milan menan 3 kali, dan seri 3 kali. Jika ditotal dengan rekor keseluruhan, maka rekor tandang Milan (termasuk kualifikasi) adalah 8 menang, 5 seri, dan 3 kalah.