In-depth

Bedah Formasi Mengerikan Bhayangkara FC Usai Belanja Besar di Bursa Transfer

Senin, 15 Maret 2021 17:15 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Bedah formasi mengerikan klub papan atas Liga 1, Bhayangkara FC, usai kedatangan Evan Dimas dan sejumlah pemain bintang lainnya di bursa transfer 2021. Copyright: © INDOSPORT
Bedah formasi mengerikan klub papan atas Liga 1, Bhayangkara FC, usai kedatangan Evan Dimas dan sejumlah pemain bintang lainnya di bursa transfer 2021.

INDOSPROT.COM - Bedah formasi mengerikan klub papan atas Liga 1, Bhayangkara FC, usai kedatangan Evan Dimas dan sejumlah pemain bintang lainnya di bursa transfer 2021. 

Kejutan demi kejutan dilakukan oleh klub peserta Liga 1, Bhayangkara FC Solo, jelang bergulirnya musim baru. Geliat transfer tim sepak bola milik POLRI ini mengundang perhatian banyak pihak. 

Belum lama, Bhayangkara FC resmi memulangkan gelandang terbaik Timnas Indonesia, Evan Dimas. Evan Dimas dikontrak Bhayangkara setelah musim lalu berseragam Persija Jakarta. 

Bukan cuma Evan Dimas yang jadi rekrutan anyar Bhayangkara. Tim yang kini bermarkas di Solo itu juga mendatangkan nama besar di lini belakang. 

Kapten sekaligus andalan lini belakang tim nasional, Hansamu Yama, ikut bergabung ke dalam skuad The Guardian. Hansamu didatangkan dari tim raksasa Jawa Timur, Persebaya Surabaya. 

Kedatangan dua pemain ini tentu bukan hal sepele. Evan Dimas dan Hansamu adalah nama besar di sepak bola Indonesia saat ini. Dengan kedatangan mereka, maka skaud Bhayangkara FC pun bakal semakin solid. 

Sebelum ini mereka juga mendatangkan pemain naturalisasi PSM Makassar, Osas Saha, dan pemain PS Tira, Arthur Bonai. Mendatangkan pemain saja tak cukup. 

Ketika banyak klub Liga 1 kehilangan pemain, Bhayangkara bisa mengamankan pemain-pemain bintangnya untuk musim depan. Nama-nama beken seperti Ezechiel Ndouasel, Renan Silva, Adam Alis, Indra Kahfi, Awan Setho, sampai Andik Vermansyah belum menunjukkan tanda-tanda hengkang dari tim Bhayangkara FC. 

Dengan komposisi ini, maka skuad Bhayangkara menjelang Piala Menpora 2021 ini terbilang menjadi salah satu yang terkuat di Liga Indonesia. 

Lalu, dengan tambahan pemain-pemain baru, seperti apa kira-kira wajah Starting XI Bhayangkara saat ini? Berikut telah kami siapkan bedah formasi mengerikan Bhayangkara FC setelah belanja pemain bintang di bursa transfer. 

Bedah Formasi Bhayangkara FC

Saat ini Bhayangkara FC tercatat masih dilatih oleh mantan juru latih Timnas Vanuatu, Paul Munster. Di bawah asuhan pelatih kelahiran Inggris Raya itu, Bhayangkara memiliki kecenderungan untuk bermain menggunakan formasi 4-2-3-1. 

Meski tak setiap laga formasi ini digunakan, namun formasi 4-2-3-1 menjadi pilihan pertama bagi Paul Munster di tim yang diasuhnya. Melihat gaya bermain ini, untungnya Bhayangkara memiliki materi pemain yang cukup mumpuni. 

Saat ini ada 30 pemain yang terdaftar dalam skuad Bhayangkara FC. Dengan asumsi Paul Munster menggunakan formasi 4-2-3-1, maka berikut formasi Bhayangkara untuk Piala Menpora 2021

KIPER: Awan Setho

Untuk pos kiper, Paul Munster diyakini akan memercayakannya kepada Awan Setho. Awan Setho sudah menjadi andalan Bhayangkara sejak musim lalu. 

Kiper Timnas Indonesia ini pun terbilang tampil cukup baik. Ia sudah berseragam Bhayangkara sejak musim 2018. 

Awan Setho menjadi salah satu pilar yang membantu membawa Bhayangkara menjuarai Liga 1 2018. Semusim berselang ia masih dipercaya mengisi pos penjaga gawang. 

Pada Liga 1 2019 ia berhasil membawa Bhayangkara finis empat besar di akhir klasemen. Awan Setho adalah kiper dengan kemampuan reflek yang bagus. Walaupun masih muda, ia mampu tampil tenang di bawah mistar gawang.