Liga Indonesia

3 Fakta Zachary Herivaux, Calon Pemain Baru Persib yang Pernah Jadi Rival Messi

Jumat, 19 Maret 2021 21:53 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© (Gabriel Rossi/Getty Images) (Gabriel Rossi)
Zachary Herivaux (Kiri), Calon Pemain Baru Persib Saat Duel dengan Lionel Messi. Copyright: © (Gabriel Rossi/Getty Images) (Gabriel Rossi)
Zachary Herivaux (Kiri), Calon Pemain Baru Persib Saat Duel dengan Lionel Messi.

INDOSPORT.COM – Mengenal tiga fakta menarik dari Zachary Herivaux, calon pemain Persib Bandung asal Jepang yang pernah jadi rival Lionel Messi dan perkuat tim Birmingham.

Jelang bergulirnya turnamen pramusim Piala Menpora 2021 pada akhir pekan ini, Persib Bandung memang terus dirumorkan bakal kedatangan satu pemain untuk mengisi slot asing mereka.

Sebelumnya, Persib baru saja melepas gelandang berpaspor Filipina milik mereka, Omid Nazari yang kini bergabung dengan United City di kasta teratas Liga Filipina.

Dengan menyisakan satu tempat pemain Asia, pelatih Persib yakni Robert Alberts mengaku sedang memantau dua gelandang asing, yang satu berasal dari Haiti dengan paspor Jepang dan yang kedua merupakan pemain Jepang asli.

 "Kami punya beberapa nama, pemain tim nasional Haiti dengan paspor Jepang. Ada juga pemain Jepang yang free transfer, ada juga pemain Jepang-Swedia yang free," kata Robert Alberts setelah memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (15/03/2021).

Sempat muncul berbagai nama, clue yang diberikan Robert Alberts pun akhirnya mengerucut dan menghadirkan sosok Zachary Herivaux dan Kazuki Takahashi yang berpotensi besar jadi rekrutan baru Persib.

Rene Alberts pun mengakui jika dua nama diatas adalah pemain yang direkomendasikan kepadanya, namun mantan pelatih PSM ini belum bisa memutuskan lantaran harus lakukan sejumlah seleksi.

“Mereka semua pemain bagus, tentu saja saya memeriksa semua pemain yang direkomendasikan. Saya akan memeriksa, tetapi kemudian mereka harus menyesuaikan posisi, gaya yang berbeda, jenis pemain yang berbeda apa yang kami butuhkan," ucap Robert Rene Alberts.

Dari dua nama yang dirumorkan tersebut, sosok Zachary Herivaux tampak paling menarik lantaran sempat malang melintang di klub besar Amerika bahkan jadi rival mega bintang asal Argentina, Lionel Messi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas tiga fakta Zachary Herivaux gelandang Jepang yang jadi calon pemain baru Persib.

Punggawa Timnas Haiti yang Lahir di Jepang

© twitter.com/nerevolution
Zachary Herivaux, Calon Pemain Baru Persib yang Pernah Jadi Rival Messi Copyright: twitter.com/nerevolutionZachary Herivaux, Calon Pemain Baru Persib Bersama Timnas Haiti

Melansir dari laman transfermarkt, diketahui bahwa Zachary Herivaux lahir di Jepang tepatnya di kota Suita pada 1 Februari 1996 silam (25 tahun).

Meski lahir di Jepang, namun hampir seluruh karier sepak bola Zachary Herivaux dihabiskan di Amerika Serikat dengan memperkuat tim-tim Major League Soccer seperti New England Revolution, San Antonio FC hingga Birmingham Legion.

Lama tinggal di Amerika Serikat, Zachary Herivaux pun dapat memperkuat Timnas Amerika selain dari Jepang yang merupakan tanah kelahirannya. Namun, Zachary memutuskan untuk gabung Timnas Haiti sesuai dengan darah Haiti yang didapat dari sang ayah.

Pada 10 October 2017, Zachary Herivaux pun debut bersama Timnas senior Haiti dengan menghadapi Jepang di ajang Kirin Challenge Cup. Laga tersebut berakhir imbang 3-3.