In-depth

Menengok Performa PSM di Laga Perdana Turnamen Pramusim dari Tahun ke Tahun

Jumat, 26 Maret 2021 18:37 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Isman Fadil
© Official PSM Makassar
PSM Makassar telah tiba di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Sabtu (20/03/21) petang. Copyright: © Official PSM Makassar
PSM Makassar telah tiba di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Sabtu (20/03/21) petang.
1. Piala Presiden 2015

Sejatinya, turnamen pramusim edisi 2021 ini bukanlah kali pertama PSM Makassar mengandalkan 100 persen pemain lokal. Tapi jauh sebelumnya, tepatnya di ajang Piala Presiden 2015.

Piala Presiden 2015 digelar di tengah mati surinya dunia bal-balan tanah air lantaran PSSI dibekukan oleh federasi sepakbola dunia, FIFA, sejak 30 Mei pada tahun yang sama.

Pada hajatan pramusim 2015, PSM Makassar yang ditukangi oleh pelatih lokal, Assagaf Razak, memutuskan untuk memberdayakan talenta lokal asal Sulawesi.

Mereka antara lain ialah Syamsul Chaeruddin, Rasyid Bakri, Aditya Putra Dewa, M Rahmat, Iqbal Samad, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Satrio Syam, Kurniawan Karman, dan Maldini Pali.

Mereka dipadukan dengan sejumlah nama tenar seperti Ferdinand Sinaga yang dipinjam dari Sriwijaya FC, Dimas Galih, Muchlis Hadi Ning Saifullah, Ahmad Maulana Putra, dan Davit Ariyanto.

PSM Makassar dan Stadion Andi Mattalatta yang telah rata dengan tanah dipercaya sebagai tuan rumah Grup D. Pusamania Borneo FC (kini Borneo FC), Gresik United, dan Persipasi Bekasi menjadi rival.

Meski tak memakai tenaga impor, armada Assagaf Razak nyatanya mampu tampil apik hingga membantai Gresik United dengan skor 3-0 pada laga perdana.

Ketiga gol tersebut dicetak oleh sang kapten Syamsul Chaeruddin, Aditya Putra Dewa, dan Ferdinand Sinaga yang kemudian menjadi pemain yang paling dicintai oleh para suporter.

Berkat dukungan penuh para suporternya, PSM Makassar berhasil menjuarai Grup D dengan perolehan 7 poin dan melaju ke Babak 8 Besar untuk menghadapi Mitra Kukar FC.

Sayang, langkah Syamsul Charuddin cs. terhenti di perempatfinal setelah kalah agresivitas gol tandang oleh klub asal Tenggarong berjuluk Naga Mekes tersebut.

Skuat muda PSM Makassar takluk 0-1 pada leg perdana. Meski menang 2-1 pada perjumpaan selanjutnya, tapi satu gol Mitra Kukar di Stadion Andi Mattalatta sudah cukup untuk lolos ke semifinal.

2. Piala Presiden 2017

PSM Makassar tergabung di Grup 3 bersama Persib Bandung yang menjadi tuan rumah, Persela Lamongan, dan Persiba Balikpapan. Kali ini, mereka jauh lebih siap.

Hal tersebut terlihat dengan materi pemain bertabur bintang yang akan diramu dan dimatangkan oleh pelatih Robert 'Rene' Alberts untuk mengarungi Liga 1 2017.

Adapun bintang lokal yang mereka miliki adalah Hamka Hamzah, Zulkifli Syukur, Rizky Pellu, dan Titus Bonai untuk melengkali nama lawas seperti Syamsul, Rasyid, Ardan, Ferdinand, Rahmat, dan Hendra.

Belum lagi membicarakan legiun asing seperti Wiljan Pluim yang saat ini menjadi salah satu playmaker terbaik di Liga 1. Lalu ada pemain belakang alumni Ligue 1 Prancis, Steven Paulle.

Akan tetapi, PSM Makassar justru keok pada laga perdana di Grup 3 Piala Presiden 2017 atas Persib Bandung lewat gol semata wayang Vladimir Vujovic di babak kedua.

Meski berhasil meraup tiga poin hasil dari mengalahkan Persiba Balikapapan pada laga terakhir dan bertengger diururan kedua di klasemen akhir, anak asuh Robert 'Rene' Alberts tetap gagal ke fase selanjutnya.

3. Piala Presiden 2018

PSM Makassar berjodoh lagi dengan Persib Bandung yang lagi-lagi dipercaya sebagai tuan rumah untuk Grup A gelaran pramusim edisi 2018.

Seperti tahun sebelumnya, Robert 'Rene' Alberts tetap mengambil peran sebagai juru taktik. Materi pemain pun tak berubah drastis, hanya Hamka, Tibo, dan Ferdinand (kembali lagi sebelum Liga 1 2018 dimulai) yang pergi.

Untuk nama baru yang pertama kali memperkuat Pasukan Ramang di ajang Piala Presiden adalah Abdul Rahman, Zulham Zamrun, Hasim Kipuw, Marc Anthony Klok, Saldy, dan Guy Junior.

Adapun nama terakhir berhasil mencetak gol dan membawa PSM Makassar unggul sejak menit ke-19 pada laga perdana di Grup A Piala Presiden 2018 melawan klub promosi, PSMS Medan.

Sayang, armada Robert 'Rene' Alberts terkena comeback sehingga harus mengakui keunggulan klub sepakbola berjuluk Ayam Kinantan tersebut dengan skor 1-2.

Zulkifli Syukur cs. bahkan nyaris menjadi bulan-bulanan pada fase grup. Beruntung, gol Bruce Djite mampu menumbangkan Persib Bandung pada laga terakhir.

Meski demikian, PSM Makassar harus menjadi juru kunci Grup A lantaran menelan dua kali kekalahan dan hanya meraih tiga poin.

4. Piala Presiden 2019

Performa lebih buruk ditunjukkan oleh PSM Makassar pada Piala Presiden 2019 yang tak mampu meraih satu poin pun selama fase penyisihan Grup C.

Mereka yang kali ini ditukangi Darije Kalezic, keok dengan skor tipis 0-1 atas klub promosi Kalteng Putra di Stadion H. Moch. Soebroto, Magelang, markas PSIS Semarang.

Meski menurunkan pemain-pemain terbaik seperti Aaron Evans, Pluim, dan Klok dari barisan asing serta trio lini serang Zulham-Ferdinand-Rahmat, Pasukan Ramang malah tumbang lewat placing Antony Putro Nugroho dimenit ke-63.

Bahkan, Zulkifli cs. selalu takluk dengan skor identik 0-1 pada dua laga fase grup selanjutnya, masing-masing melawan Persipura Jayapura dan tuan rumah PSIS Semarang.

Akan tetapi, performa buruk PSM Makassar di Piala Presiden 2019 masih dapat dimaklumi sebab disaat yang sama harus membagi fokus mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala AFC.

5. Piala Menpora 2021

Setelah hilang pada tahun 2020 lalu, turnamen pramusim muncul lagi di tahun ini namun dengan mengusung nama Piala Menpora 2021.

Sejatinya, tujuan PSM Makassar selalu sama sejak pramusim edisi 2017, yaitu lebih fokus untuk mematenkan komposisi skuat dan pakem permainan.

Sehingga, CEO Munafri Arifuddin tak pernah merisaukan hasil buruk sekalipun menjadi juru kunci dan selalu kalah seperti yang terjadi di Piala Presiden 2019 lalu.

Fokus tersebut juga tetap dikedepankan pada Piala Menpora 2021 ini. Terlebih lagi, 17 pemain penting musim lalu hengkang ke klub lain akibat krisis finansial dan sanksi FIFA.

Namun, semangat juang skuat lokal nan muda PSM Makassar pada tahun sukses ini mempecundangi Persija Jakarta lada laga perdana dengan skor 2-0.

Apakah armada Syamsuddin Batola bakal mengulang atau bahkan melebihi prestasi di Piala Presiden 2015 lalu? Tentu saja, peluang mereka masih sangat terbuka lebar saat ini.

Bahkan, jika mampu meraih tiga poin atas Bhayangkara Solo FC pada laga kedua Grup B Piala Menpora 2021, Sabtu (27/03/21) nanti, dapat dipastikan PSM Makassar akan melaju ke 8 Besar.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%