In-depth

3 Alasan Liverpool akan Kalahkan Real Madrid di Perempat Final Liga Champions

Selasa, 6 April 2021 14:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© twitter.com/LFC
Diogo Jota dan Mohamed Salah melakukan selebrasi saat Liverpool menghadapi Wolves. Copyright: © twitter.com/LFC
Diogo Jota dan Mohamed Salah melakukan selebrasi saat Liverpool menghadapi Wolves.
Duet Baru Liverpool di Depan dan Belakang

Moncernya Mohamed Salah dan Diogo Jota

Sadio Mane dan Roberto Firmino memang sedikit menurun musim ini, namun masalah itu belakangan itu bisa diatasi oleh kembalinya ketajaman Diogo Jota dan Mohamed Salah.

Sejak pulih dari cedera lutut yang mengharuskan ia absen panjang, Diogo Jota sukses mencetak 3 gol dan 1 assist di 5 laga terakhir.

Sementara itu, performa Mohamed Salah pun mulai membaik. Ia selalu mencetak gol di 2 pertemuan melawan RB Leipzig di 16 besar Liga Champions. Di Liga Inggris, ia juga sudah mencetak gol lagi saat melawan Wolves akhir pekan lalu dan mengakhiri puasa di 5 laga.

Kembalinya performa Jota dan Salah ini akan mengancam lini belakang Real Madrid yang tak bisa diperkuat Sergio Ramos yang masih cedera.

Duet Tangguh Baru di Lini Belakang

Selain produktivitas lini depan, masalah lain di kubu Liverpool musim ini adalah lini belakang, khususnya sektor bek tengah. Dengan cederanya Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Joel Matip, manajer Jurgen Klopp bahkan sempat menggeser Jordan Henderson dan Fabinho menjadi bek tengah.

Namun, sang manajer mulai menemukan solusi baru di beberapa laga terakhir dalam duet pemain muda Nat Phillips dan bek anyar Ozan Kabak.

Dalam 4 laga terakhir ketika Phillips dan Kabak diduetkan sejak menit pertama, The Reds selalu menang dan selalu meraih cleansheet. Kokohnya duet baru The Reds ini akan menyulitkan lini depan Real Madrid yang kini bertumpu pada Karim Benzema.

Performa di Liga Champions dan Tren Tandang Liverpool

Meski tampil buruk di Liga Inggris dan sudah menelan 9 kekalahan, performa Liverpool di Liga Champions terbilang bagus. Dari 8 laga sejak fase grup, The Reds menang 6 kali dan hanya kalah 1 kali. Performa ini lebih baik dari yang menelan 2 kekalahan dan hanya menang 5 kali.

Di sisi lain, meski berstatus tuan rumah, Los Blancos wajib waspada karena The Reds punya catatan bagus bermain di kandang lawan. Dari 5 laga tandang terakhir di semua kompetisi, Mohamed Salah dkk menang 4 kali dan kalah 1 kali. Mereka juga selalu mencatatkan cleansheet di 4 laga tandang terakhir.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%