In-depth

3 Fakta Zidane Iqbal, Wonderkid 'Indonesia' yang Resmi Dikontrak Manchester United

Kamis, 8 April 2021 21:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Tom Purslow/Manchester United via Getty Images
Berikut 3 fakta Zidane Iqbal, wonderkid 17 tahun yang baru saja dikontrak oleh Manchester United, dan sempat dikira memiliki darah Indonesia. Copyright: © Tom Purslow/Manchester United via Getty Images
Berikut 3 fakta Zidane Iqbal, wonderkid 17 tahun yang baru saja dikontrak oleh Manchester United, dan sempat dikira memiliki darah Indonesia.

INDOSPORT.COM – Berikut 3 fakta Zidane Iqbal, wonderkid 17 tahun yang baru saja dikontrak oleh Manchester United, dan sempat dikira memiliki darah Indonesia.

Manchester United diketahui kerap menelurkan pemain muda berbakat yang kemudian menjadi andalan. Di skuat saat ini, ada nama Marcus Rashford dan Mason Greenwood yang sudah rutin menjadi starter di beberapa musim terakhir.

Sementara itu, Februari lalu manajer Ole Gunnar Solskjaer juga memberi debut kepada wonderkid 18 tahun, Amad Diallo. Bintang muda yang diboyong Atalanta itu tampil pertama kali untuk tim utama saat menghadapi Real Sociedad di Liga Europa, masuk di menit ke-83 menggantikan Greenwood.

Jumlah debutan MU bahkan berpeluang bertambah lagi musim ini. Pasalnya, sang manajer memasukkan nama Anthony Elanga ke dalam skuat Setan Merah untuk menghadapi Granada di leg 1 perempat final Liga Europa, Jumat (09/04/21).

Solskjaer sendiri sudah memastikan Elanga akan duduk di bangku cadangan pada laga itu dan berpeluang dimainkan. Jika benar-benar dimasukkan, laga itu pun akan menjadi laga debut Elanga untuk Setan Merah.

Di sisi lain, berbarengan dengan masuknya nama Anthony Elanga ke skuat untuk Liga Eropa, Manchester United juga memberikan kontrak profesional untuk salah satu bintang muda mereka, Zidane Iqbal.

Iqbal yang kini berusia 17 tahun memang sudah absen dari tim Manchester United U-18 sejak Desember lalu karena cedera. Namun, manajemen klub memutuskan memberinya kontrak profesional agar bisa terus memantau perkembangannya.

Melalui Twitter, Iqbal pun mengungkapkan kebahagiannya. “Menandatangani kontrak profesional pertama saya bersama Manchester United adalah mimpi yang jadi nyata,” tulisnya dalam unggahan foto dirinya melakukan tanda tangan kontrak.

“Terima kasih kepada keluarga saya, teman-teman, tim pelatih, dan agen saya atas bantuan dan dukungan mereka.”

Sosok Zidane Iqbal sendiri sempat menimbulkan kehebohan beberapa waktu lalu karena dikira memiliki keturunan Indonesia.

Pasalnya, laman Football-talents.co.uk menyebut bahwa Zidane Iqbal memiliki kewarganegaraan Inggris dan Indonesia. Sementara itu, Football-wonderkids.co.uk menyebut pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini bisa membela Inggris serta Indonesia.

© football-talents.co.uk
Iqbal Zidane Copyright: football-talents.co.ukData Zidane Iqbal di Football-Talents

Nama Zidane Iqbal sendiri memang terkesan sebagai nama yang berasal dari Indonesia. Namun, sang wonderkid kemudian membantah kabar tersebut.

Berikut ini 3 fakta tentang Zidane Iqbal yang berhasil dikumpulkan INDOSPORT: