Bola Internasional

Polemik Liga Super Eropa, Ramalan Arsene Wenger 4 Tahun Lalu Jadi Kenyataan

Senin, 19 April 2021 12:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Richard Heathcote/Getty Images
Mantan pelatih klub Liga Inggris Arsenal Arsene Wenger. Copyright: © Richard Heathcote/Getty Images
Mantan pelatih klub Liga Inggris Arsenal Arsene Wenger.

INDOSPORT.COM – Ramalan mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, terkait gagasan Liga Super Eropa empat tahun silam ternyata telah menjadi kenyataan.

Enam tim papan atas Liga Inggris, Manchester United, Liverpool, Manchester City, Arsenal, Tottenham Hotspur dan Chelsea baru saja menandatangani  kesepakatan untuk berniat tampil di Liga Super Eropa.

Proposal Liga Super Eropa ini sejatinya masih mendapatkan kecaman secara luas. Pihak Liga Inggris, FA, UEFA bahkan pemerintah Inggris sudah menyatakan menentang gagasan tersebut.

Gagasan Liga Super Eropa yang menjadi polemik saat ini rupanya telah lama diprediksi oleh Arsene Wenger, yang pernah menukangi Arsenal selama 22 tahun lamanya.

Sepanjang waktunya di Emirates, Wenger dikenal sebagai sosok pelatih bak nabi yang bisa mengindentifikasi tren dalam sepak bola secara global.

Pada 2018 silam, pada konferensi pers terakhir sebelum dia memutuskan pergi dari Arsenal, Arsene Wenger mengatakan bahwa akan ada turnamen serupa Liga Super Eropa yang akan merebut sepak bola domestik di akhir pekan.

Selain itu, pria berusia 71 tahun itu juga menyatakan bahwa fakta itu tak bisa dihindari mengingat klub-klub besar ingin mengeluarkan klub-klub yang lebih kecil dari sejumlah besar pendapatan siaran yang mereka hasilkan.

“Dalam beberapa tahun (ke depan), Anda pasti akan memiliki liga Europa selama akhir pekan,” kata Wenger kala itu, dilansir dari BR Football.

“Itu tidak bisa dihindari. Mengapa? Pertama-tama, membagi uang antara klub-klub besar dan klub kecil akan menjadi masalah,” jelasnya.

“Klub-klub besar akan berkata: 'jika dua klub kecil bermain satu sama lain, tidak ada yang mau menontonnya. Orang ingin menonton berkualitas. Jadi kami harus membagikan uang tetapi tidak ada yang tertarik pada Anda,” sambung Wenger.

Jauh sebelum itu, tepatnya pada tahun 2009, Wenger juga pernah mengklaim bahwa klub-klub besar ini ingin mendirikan kompetisi eksklusif demi ingin mendapatkan uang yang lebih besar daripada Liga Champions.

“Mungkin dalam 10 tahun, Anda akan memiliki liga Eropa… uang yang masuk dari Liga Champions tidak akan cukup untuk beberapa klub besar,” tukasnya.