Liga Indonesia

Profil Pratama Arhan: Andalan PSIS yang Sabet Pemain MudaTerbaik Piala Menpora 2021

Senin, 26 April 2021 05:11 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Pratama Arhan ketika mendapatkan trophy pemain muda terbaik Piala Menpora 2021 yang diserahkan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Pratama Arhan ketika mendapatkan trophy pemain muda terbaik Piala Menpora 2021 yang diserahkan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

INDOSPORT.COM – Nama Pratama Arhan akhir-akhir ini cukup sering terdengar di kancah publik pecinta sepak bola Indonesia setelah tampil apik bersama Timnas U-19 dan PSIS Semarang di ajang Piala Menpora 2021.

Arhan sendiri lahir di Blora pada 21 Desember 2001 namun dibesarkan di Kota Semarang setelah mengenyam pendidikan formal dan sekaligus mengasah karir sepak bolanya di SMA Terang Bangsa, Semarang.

Di Timnas U-19, Arhan mampu membuktikkan kapasitasnya ketika dipercaya Shin Tae-yong di setiap laga uji coba pada saat skuat Garuda Muda menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Bahkan, cap anak kesayangan Shin Tae-yong melekat di diri Arhan setelah pelatih asal Korea Selatan ini selalu memanggil pemain asal Blora ini di kesempatan pemusatan latihan Timnas baik senior, U-23, mau pun U-19.

Tak berhenti di situ, Shin Tae-yong yang kini memiliki akun Instagram hanya mengikuti Arhan dan pemain Indonesia yang saat ini bermain di Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam.

Sementara di PSIS, Arhan mengawali karir mulai dari nol. Ia menapakkan kaki di Akademi PSIS yang bermain di ajang Kompetisi Elite Pro Academy. Di tahun 2019, ia berhasil mengantarkan PSIS U-18 menjadi juara dua kompetisi EPA U-18.

Sementara di tahun yang sama, Arhan juga berhasil mengantarkan PSIS U-20 menjadi juara ketiga kompetisi EPA U-20.

Catatannya tersebut yang nampaknya membuat scouting Timnas merekomendasikan Arhan untuk dipanggil di bawah kepemimpinan pelatih kepala Shin Tae-yong. Selain itu, catatan tersebut juga mengantarkan Arhan mendapat jatah promosi ke tim senior PSIS.