Bola Internasional

Mengenang Duel Terakhir Chelsea vs Real Madrid: The Blues Juara Piala Super Eropa

Selasa, 27 April 2021 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© uefa.tv
Laga Chelsea vs Real Madrid di Piala Super Eropa 1998. Copyright: © uefa.tv
Laga Chelsea vs Real Madrid di Piala Super Eropa 1998.

INDOSPORT.COM – Chelsea akan menghadapi Real Madrid di semifinal Liga Champions 2020-2021. Inilah kali pertama kedua tim bertemu di ajang tertinggi sepak bola Eropa tersebut.

Pertemuan Real Madrid dengan Chelsea akan menjadi pertemuan bersejarah kedua tim di pentas Liga Champions. Pasalnya, ini menjadi kali pertama kedua tim papan atas ini bertemu di ajang ini.

Baik Real Madrid dan Chelsea terakhir bertemu pada 1998 silam di kompetisi Eropa. Itupun di laga Piala Super Eropa karena status kedua tim sebagai juara Liga Champions dan juara Piala Winners.

Bisa dikatakan, baik Real Madrid dan Chelsea sama-sama buta akan kekuatan masing-masing. Tak banyak sejarah yang menceritakan bagaimana duel antara kedua tim.

Sepanjang sejarahnya, baik Real Madrid dan Chelsea bertemu tiga kali di pentas Eropa. Dalam tiga pertemuan itu, The Blues tak pernah tumbang dengan mengantongi dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Pertemuan pertama kedua tim terjadi pada 1971 di final Piala Winners. Pada laga yang berlangsung di Athena itu, Chelsea bermain imbang dengan Real Madrid yang berstatus raksasa Eropa kala itu dengan skor 1-1.

Lalu di babak replay di tempat yang sama atau dua hari kemudian, Chelsea mampu menumbangkan Real Madrid dengan skor 2-1 lewat gol John Dempsey dan Peter Osgood dan berhasil meraih gelar perdananya di kancah Eropa.

Butuh waktu lama untuk kedua tim bertemu lagi. 27 tahun berselang, kedua tim kembali bertemu di ajang Piala Super Eropa1998. Saat itu pertemuan keduanya terjadi karena Real Madrid menjuarai Liga Champions dan Chelsea menjuarai Piala Winners.

Di pertemuan ketiga ini, Chelsea kembali membungkam tim bertabur bintang Real Madrid. Bagaimana kisahnya serta siapa saja pemain yang terlibat di Piala Super Eropa 1998? Berikut rangkumannya.