In-depth

Deretan Dosa Stefano Pioli untuk AC Milan di Putaran Kedua Liga Italia

Kamis, 29 April 2021 14:39 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Gabriele Maltinti/Getty Images
Kualitas pelatih Stefano Pioli dipertanyakan setelah merosotnya performa AC Milan di putaran kedua Liga Italia pada tahun 2021 ini. Copyright: © Gabriele Maltinti/Getty Images
Kualitas pelatih Stefano Pioli dipertanyakan setelah merosotnya performa AC Milan di putaran kedua Liga Italia pada tahun 2021 ini.

INDOSPORT.COM - Performa AC Milan turun drastis di putaran kedua Liga Italia tahun 2021 ini. Pelatih Stefano Pioli pun menjadi pihak yang dianggap paling bertanggung jawab. 

Berdasarkan laporan dari Calciomercato dan sejumlah media di Italia, posisi Stefano Pioli berada di ujung tanduk. Palu pemecatan sedang membayangi dirinya saat ini di AC Milan.

Hal itu bisa terjadi performa dan pencapaian AC Milan terjun bebas di Serie A Italia di tahun ini. Padahal AC Milan sebelumnya sempat memiliki rata-rata poin per pertandingan hingga 2,26.

Tapi sejak memasuki tahun 2021, AC Milan terjun bebas dengan hanya mampu mengumpulkan 1,6 poin per pertandingannya. Bahkan, AC Milan kalah di 5 laga kandang sejak Januari 2021.

Dalam dua pekan terakhir (32 dan 33), I Rossoneri tak lagi mengantongi poin. Ibrahimovic dkk dipermalukan Sassuolo 1-2 di San Siro dan dicukur Lazio 3-0. 

Mereka kini baru mengumpulkan 66 poin dari 33 laga. Jika menghitung tahun 2021 saja, AC Milan mengumpulkan 14 poin lebih sedikit dari Inter Milan dan 7 poin lebih sedikit dari Juventus. 

Maka tak heran jika AC Milan yang tadinya adalah juara musim dingin Serie A Italia, kini malah terlempar ke posisi kelima klasemen sementara di bawah Juventus dan Napoli. Peluang mereka lolos ke Liga Champions pun kini malah terancam. 

Hasil yang sangat memalukan itu memunculkan spekulasi kalau Stefano Pioli akan segera ditindak tegas oleh AC Milan. Berbagai macam evaluasi pasti akan segera diberlakukan oleh AC Milan pada akhir musim.

Apalagi kalau di akhir musim, AC Milan gagal ke Liga Champions, hampir pasti, Pioli akan segera dipecat. Sebab, target besar AC Milan sejak awal musim adalah hanya bisa bermain di Liga Champions musim depan.

Kabar pemecatan Stefano Pioli memang wajar adanya. Sebab, Pioli adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam penurunan performa AC Milan. 

Betul bahwa badai cedera merusak skenario AC Milan musim ini, namun banyak pula momen di mana Stefano Pioli turut andil dalam kegagalan AC Milan meraih kemenangan. Lalu, dosa-dosa apa yang sudah Stefano Pioli lakukan