In-depth

Hitung-hitungan Peluang Juara LaLiga 2020-2021: Atletico Panik, Barcelona Salip Duo Madrid?

Sabtu, 8 Mei 2021 10:42 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Alex Caparros/Getty Images
Ousmane Dembele (kiri) merayakan gol ke gawang lawan dalam laga pekan ke-29 LaLiga Spanyol antara Barcelona vs Valladolid. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Ousmane Dembele (kiri) merayakan gol ke gawang lawan dalam laga pekan ke-29 LaLiga Spanyol antara Barcelona vs Valladolid.
Barcelona

Barcelona adalah tim paling mengejutkan di empat besar LaLiga musim ini. Memulai musim dengan sangat lambat, Barca tahu-tahu sudah berada di jalur persaingan juara. Blaugrana kini tinggal berselisih dua angka saja dari Real Madrid. 

Situasi ini jelas tidak akan disia-siakan oleh pasukan Ronald Koeman. Mereka akan mengerahkan segala kemampuan untuk mencapai kejayaan yang mereka rintis dengan susah payah musim ini. 

Melihat performa Lionel Messi dkk, target itu semestinya bisa dipenuhi. Skuad asuhan Ronald Koeman sukses mengemas 17 kemenangan, 3 imbang, dan hanya 2 kali kalah dari 22 laga terakhir LaLiga Spanyol. 

Itu artinya, cukup dengan menjaga standar permainan, Barca bisa menyelesaikan musim ini dengan baik. Hanya saja, mereka masih harus mewaspadai pertarungan di pekan ke-35 ini. 

Sebab lawan yang mereka hadapi adalah Atletico Madrid. Musim ini Barcelona tidak begitu dominan kala berjumpa tim-tim papan atas atau kuda hitam.

Barcelona mencatatkan dua kekalahan dari dua perjumpaan kandang-tandang melawan Real Madrid musim ini. Blaugrana juga kalah dari Atletico Madrid pada perjumpaan di putaran pertama. 

Itu artinya kekuatan Barca untuk membendung para tim tiga besar masih belum cukup. Namun begitu, Ronaldo Koeman diyakini akan mengevaluasi hal ini. 

Apalagi, laga melawan Atletico pekan ini akan sangat menentukan persaingan juara mereka. Meskipun sulit, Barca akan melakukan segala upaya untuk bisa mengalahkan Atletico Madrid dan merebut puncak klasemen. 

Jika gagal, maka Barca akan terpisah enam poin dari pemuncak klasemen dan siap mengatakan selamat tinggal dengan gelar LaLiga, 

Jadwal 4 Pekan Tersisa Barcelona
vs Atletico (08/05/21) (H)
vs Levante (12/05/21) (A)
vs Celta Vigo (16/05/21) H)
vs Eibar (23/05/21) (A)

Sevilla

Meski kerap tak diperhitungkan, namun Sevilla nyatanya masih berpeluang merebut gelar musim ini. Wakil dari Andalusia itu secara matematis masih bisa merebut gelar juara. 

Meski kenyataannya cukup sulit lantaran selisih enam poin dari pemuncak tidaklah sedikit. Namun begitu, nasib Sevilla bisa berputar 180 derajat bergantung pada hasil pekan ke-35 ini. 

Tim pemuncak klasemen, Atletico, harus bersua lawan kuat Barcelona. Peluang Atletico untuk kalah cukup besar. 

Jika Atletico kalah, ini bisa jadikan kesempatan emas bagi Sevilla untuk memangkas poin. Namun ada syarat lain yang mesti dipenuhi dan mungkin akan jadi syarat terberat. 

© Fran Santiago/Getty Images
Laga antara Sevilla vs Atletico Madrid di pekan ke-29 LaLiga Spanyol, Senin (05/04/21) dini hari WIB. Copyright: Fran Santiago/Getty ImagesLaga antara Sevilla vs Atletico Madrid di pekan ke-29 LaLiga Spanyol, Senin (05/04/21) dini hari WIB.

Sevilla harus bisa menundukkan tuan rumah, Real Madrid, pada pekan ke-35. Jika skenario terbaik yang terwujud, maka Sevilla tinggal berselisih empat poin saja dengan pemuncak yang dikuasai oleh Barcelona. 

Dengan 9 poin yang masih bisa diperebutkan, Sevilla bisa berjuang hingga akhir musim. Namun, jika skenario terburuk yang terjadi, Sevilla harus mengucapkan selamat tinggal kepada gelar juara. 

Kekalahan atas Real Madrid berpotensi memperlebar jarak poin dengan Atletico Madrid menjadi 9 angka (jika Atletico menang) atau 7 angka dengan Barcelona (jika Barca menang). Dengan pekan yang tinggal menyisakan tiga laga, maka sangat sulit bagi Sevilla bisa menyalip ke puncak, apalagi masih ada Real Madrid. 

Jadwal 4 Pekan Tersisa Sevilla

vs Real Madrid (10/05/21) (A)
vs Valencia (13/05/21) (H)
vs Villarreal (16/05/21) (A)
vs Alaves (23/05/21) (H)

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
7%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
14%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
36%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
43%