Bola Internasional

Ketika Manchester City 'Ketularan' Kesuksesan AC Milan lewat Jersey

Minggu, 16 Mei 2021 12:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Indosport/Internet
Logo AC Milan Copyright: © Grafis: Indosport/Internet
Logo AC Milan
Terinspirasi Warna Kebesaran AC Milan

Manchester City dikenal dengan warna kebanggaannya yakni biru muda sejak awal berdiri. Namun, pernah dalam satu kesempatan, The Citizens mengenakan jersey merah hitam, warna yang berbeda jauh dari warna kebanggaannya.

Hal tersebut terjadi pada tahun 1969. Saat itu Man City mengenakan jersey garis merah hitam dengan perpaduan celana dan kaos kaki hitam. Kombinasi ini sendiri mirip dengan AC Milan.

Perubahan warna pada jerseynya tersebut terjadi memang karena Man City terinspirasi oleh AC Milan yang di tahun 1968 baru saja menjuarai Piala Winners.

Mantan pemain Man City di periode tersebut, Tommy Booth, mengatakan bahwa perubahan warna tersebut berangkat dari ide Malcolm Alisson yang tak lain bagian dari kepelatihan The Citizens kala itu.

“Jersey spesial itu adalah ide Malcolm saya rasa.  Saya percaya Malcolm telah melihat AC Milan mengenakannya di Italia dan dia berkata jersey itu terlihat hebat.

“Dia mengatakan kepada kami ‘Kita akan memakai jersey itu’ dan itu berhasil,” kenang Tommy Booth dikutip dari talkSPORT.

Booth juga mengatakan mengenakan jersey berwarna merah hitam itu membuatnya merasa lebih besar dan membuat lawan takut dengan Man City.

Sedangkan bagi Tony Book yang merupakan kapten Man City kala itu mengatakan bahwa jersey merah hitam itu membawa keberuntungan.

Dan penggunaan warna jersey yang ‘terinspirasi’ dari AC Milan itu membawa Man City ke kesuksesan. Satu gelar Piala FA, satu gelar Piala Liga Inggris, dan satu gelar Piala Winners menjadi buktinya.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%