Bola Internasional

Resmi! AFC Setujui Mundurnya Korea Utara dari Kualifikasi Piala Dunia 2022

Minggu, 16 Mei 2021 19:33 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Grafis: Tim/Indosport.com
Resmi! AFC Setujui Mundurnya Korea Utara dari Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © Grafis: Tim/Indosport.com
Resmi! AFC Setujui Mundurnya Korea Utara dari Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya resmi menyetujui mundurnya Korea Utara dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Dalam pernyataan di laman resminya pada Minggu (16/5/21), AFC akan segera menyerahkan permasalah tersebut kepada komite organisasi kompetisi FIFA.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai dampak dari mundurnya Korea Utara bagi negara kontestan lainnya khususnya Grup H.

"AFC hari ini mengonfirmasi pengunduran diri Korea Utara dari kualifikasi Piala Dunia 2022 dan kualifikasi Piala Asia 2023," tulis pernyataan resmi AFC.

"Permasalahan ini selanjutnya diserahkan kepada komite organisasi kompetisi FIFA, dan detail selengkapnya mengenai klasemen di Grup H, yang berisikan Turkmenistan, Korea Selatan, Lebanon, dan Sri Lanka akan diumumkan dalam waktu dekat," imbuhnya.

Pada Jumat (30/4/21) lalu, Asosiasi Sepak Bola Korea Utara (PRKFA) telah mengirimkan surat kepada AFC untuk meminta persetujuan mundur dari ajang ini.

Mereka mundur karena dapat tekanan pemerintah Korea Utara yang ingin melindungi atlet agar terhindar dari krisis kesehatan global karena pandemi virus corona.

AFC sebenarnya telah mengirimkan tanggapan agar mereka mempertimbangkan keputusan tersebut. Pasalnya, Korea Utara masih memiliki peluang sangat besar untuk lolos ke Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Dalam persaingan Grup H, Korea Utara kini duduk di posisi keempat klasemen sementara dengan koleksi delapan poin dari lima laga. Poin tersebut sama dengan Korea Selatan di peringkat dua, Lebanon di posisi tiga, dan hanya kalah satu poin dari sang pemuncak, Turkmenistan.

Bila Korea Utara bisa menang dalami tiga pertandingan sisa melawan Sri Langka, Korea Selatan, dan Turkmeninstan, mereka bakal mendapatkan tiket lolos ke babak selanjutnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
17%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%