In-depth

Profil Tim Euro 2020: Makedonia Utara

Kamis, 3 Juni 2021 14:42 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Makedonia Utara di Euro 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Makedonia Utara di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Makedonia Utara menjadi salah satu peserta dalam pagelaran Euro 2020 kali ini, berikut adalah profil dari tim yang disebut bisa jadi kuda hitam.

Makedonia Utara memang wajar bila disebut sebagai kuda hitam, pasalnya ini adalah debut mereka di Euro 2020. Sebelumnya, main di turnamen sebesar Euro hanyalah mimpi saja.

Tapi berkat kerja keras Goran Pandev dan kawan-kawan, Makedonia Utara secara mengejutkan mampu lolos ke Euro 2020. Perjuangan Makedonia Utara untuk lolos ke Euro 2020 sendiri tidaklah mudah.

Soalnya mereka sudah harus berjuang sejak UEFA Nations League 2018/19. Ketika itu, Makedonia Utara bertarung di Grup D4 bersama Armenia, Gibraltar, dan Liechtenstein.

Persaingan sesama tim papan bawah itupun berhasil dimenangi Makedonia Utara dengan menjadi juara grup. Keuntungan dari menjadi juara grup di UEFA Nations League adalah, negara tersebut berhak melaju ke babak play-off Euro 2020.

Meski begitu, Makedonia Utara tetap harus bertarung di kualifikasi Euro 2020 bersama Polandia, Austria, Slovenia, Israel dan Latvia. Mengejutkannya, Makedonia Utara berhasil finish di tempat ketiga mengungguli Slovenia.

Padahal Slovenia diperkuat salah satu kiper terbaik di dunia, Jan Oblak, tapi ternyata Makedonia Utara lebih hebat. Finish di urutan ketiga tak membuat Makedonia Utara lolos ke Euro 2020.

Akan tetapi karena ada tiket dari UEFA Nations League, maka Makedonia Utara berhak main di babak play-off. Pada babak penentuan itu, Makedonia Utara menunjukan kualitasnya dengan mengalahkan Kosovo dan Georgia.

Pada akhirnya Makedonia Utara berhak atas satu tempat di Euro 2020 sebagai salah satu tim kuda hitam. Mungkin banyak orang yang masih buta dengan kekuatan Makedonia Utara karena ini adalah tim debutan di Euro 2020.

Tapi tenang saja, berikut ini kami hadirkan ulasan mengenai profil dari Makedonia Utara sebagai salah satu tim kuda hitam di Euro 2020. Ternyata satu fakta yang harus diketahui dari Makedonia Utara, mereka memiliki kekuatan yang patut diperhitungkan di Euro 2020.