In-depth

Profil Tim Euro 2020: Spanyol

Sabtu, 5 Juni 2021 09:17 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Starting XI Timnas Spanyol di Euro 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Starting XI Timnas Spanyol di Euro 2020.
Perkiraan Formasi dan Starting XI

Jika mengacu pada kebiasaan Luis Enrique memimpin Spanyol dalam beberapa laga terakhir, ia biasanya akan menggunakan formasi 4-1-4-1 atau 4-3-3. Sebenarnya itu hanya modifikasi saja, karena memang kedua formasi itu bisa berubah sesuai keinginan Luis Enrique.

Tapi apapun formasinya, besar kemungkinan Unai Simon akan tetap jadi kiper utamanya meski ada David De Gea. Soalnya dalam 6 laga terakhir Spanyol, Unai Simon selalu diberi kepercayaan sebagai kiper utama menyusul performa yang menurun dari De Gea.

Menuju ke lini belakang, hadirnya Aymeric Laporte, kemungkinan akan langsung dimanfaatkan sebagai pemain inti. Lalu untuk tandem Laporte, Pau Torres yang sedang dalam on fire usai bawa Villarreal juara Liga Europa kemungkinan besar bisa dipilih oleh Luis Enrique.

Di sisi kanan, Cesar Azpilicueta yang baru saja juara Liga Champions dengan Chelsea, bisa menjadi pilihan utama. Sedangkan di sisi kiri, perlu pengalaman lebih dalam diri Jordi Alba yang pernah juara Euro 2012 bersama Spanyol.

Berangkat ke lini tengah, ada Rodri yang mungkin akan lebih dipilih dibanding Sergio Busquets untuk posisi gelandang bertahan. Untuk dua gelandang serang, ada Thiago Alcantara dan Koke yang memiliki kreativitas lebih dan bisa dijadikan andalan untuk Euro 2020.

Dari posisi sayap ada Dani Olmo yang sebenarnya adalah seorang gelandang serang, tapi dengan kecepatannya, pemain RB Leipzig ini juga bisa berbahaya dari area sisi lapangan. Di sisi lainnya, ada Ferran Torres yang sedang sangat on fire bersama Spanyol asuhan Luis Enrique.

Meski bersama Manchester City, Ferran Torres hanya sebagai pelapis tapi Enrique tampak sangat mengandalkan sang pemain sebagai pemain utama Spanyol dalam beberapa laga terakhir.

Sedangkan striker utama, Enrique bisa memilih antara Gerard Moreno atau Alvaro Morata.

Jika ingin memilih pemain yang sedang sangat termotivasi tinggi, Enrique bisa memilih Gerard Moreno yang tokcer dengan Villarreal musim ini. Tapi kalau ingn striker pengalaman, nama Morata bisa jadi pilihan, namun bukan mereka pemain kunci Spanyol di Euro 2020.

Daftar Skuad Spanyol

Kiper: Unai Simon, David De Gea, Robert Sanchez

Bek: Cesar Azpilicueta, Diego Llorente, Pau Torres, Eric Garcia, Jose Gaya, Jordi Alba, Aymeric Laporte

Gelandang: Sergio Busquets, Marcos Llorente, Koke, Thiago, Rodri, Fabian Ruiz, Dani Olmo, Pedri

Striker: Alvaro Morata, Gerard Moreno, Ferran Torres, Adama Traore, Mikel Oyarzabal, Pablo Sarabia

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%