Bola Internasional

Shin Tae-yong Semprot Wasit yang Pimpin Laga Kontra Vietnam

Selasa, 8 Juni 2021 12:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka suara soal kepemimpinan wasit Ahmad Alali di laga kontra Vietnam. Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka suara soal kepemimpinan wasit Ahmad Alali di laga kontra Vietnam.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sangat kecewa dengan kinerja wasit Ahmad Alali yang memimpin laga kontra Vietnam, Senin (07/06/21) di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pasalnya, wasit asal Kuwait itu dinilai merugikan Indonesia dengan sejumlah keputusan yang tak tepat.

Shin Tae-yong menyoroti gol pertama Vietnam pada menit ke-51. Gol tersebut menuai kontroversi karena bola terlebih dahulu mengenai tangan T. Linh sebelum sang pemain mencetak gol.

"Sampai babak pertama skor imbang, tetapi suasana tiba-tiba berganti oleh pihak wasit," kata Shin Tae-yong.

"Saya adalah pelatih yang pernah mengalami Piala Dunia 2018, jadi kenapa bisa skornya jauh yang seharusnya tidak, dan AFC juga mungkin harus cek ulang untuk ini, agar ke depannya tidak terulang lagi hal seperti ini,” imbunnya saat jumpa pers seusai laga.

Menurut Shin Tae-yong, keputusan wasit soal gol pertama mempengaruhi cara bermain timnya. Pemain Timnas Indonesia jadi tak fokus dan terbawa arus permainan Vietnam.

"Jadi yang terjadi di babak kedua, kemasukan gol pertama itu memang dari wasit, dan hakim garis memang salah mengambil keputusan. Itu pasti kena tangan pemain Vietnam, karenanya jalannya pertandingan otomatis jadi susah bagi kami,” jelasnya.

"Iya, saya bicara terus soal wasit, karena bisa dilihat dari gol pertama yang seperti itu, dan akhirnya mempengaruhi jalannya pertandingan yang lebih berat ke Vietnam,” tegas Shin Tae-yong.