In-depth

Bintang Euro 2020: Jude Bellingham, Singa Muda Inggris yang Siap Cetak Sejarah

Kamis, 10 Juni 2021 12:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Jude Bellingham saat membela Borussia Dortmund.  Copyright: © Twitter@BellinghamJude
Jude Bellingham saat membela Borussia Dortmund.
Singa Muda dengan Versatilitas dan Mental Juara

Jude Bellingham mengawali karier sepak bola profesionalnya di klub lokal Inggris, Birmingham City. Transfermarkt mencatat, Jude Bellingham dipromosikan ke tim senior sejak 1 Juli 2019 lalu. 

Hebatnya, Jude Bellingham langsung bisa mendapatkan menit bermain reguler bersama Birmingham. 

Sepanjang gelaran Divisi Championship 2019/20, Jude Bellingham total tampil 41  kali serta mencetak 4 gol dan 3 assist untuk Birmingham. 

Jude Bellingham juga tampil dua kali saat Birmingham berlaga di ajang Piala FA. Sayang, meski tampil amat baik, tim yang diperkuat Jude, Birmingham City, harus terdegradasi. 

© Nathan Stirk/Getty Images
Jude Bellingham (nomor 22), pemain yang disebut titisan Steven Gerrard, diminati Chelsea dan Manchester United. Copyright: Nathan Stirk/Getty ImagesJude Bellingham (nomor 22), pemain yang disebut titisan Steven Gerrard.

Segeralah klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, mengamankan tanda tangan Jude sebelum direbut oleh tim-tim Inggris. Mahar sebesar 23 juta euro mesti dikeluarkan oleh Dortmund untuk pemain yang baru saja berulang tahun ke-17 saat itu. Pilihan Dortmund pun tak salah. 

Jude Bellingham langsung menembus tim utama Die Borussien. Jude Bellingham mungkin layak mendapat sebutan 'The Next Jadon Sancho'. Ia mengikuti jejak Sancho yang pindah ke raksasa Jerman, Borussia Dortmund, di usia yang masih sangat muda dan menjadi pemain reguler. 

© Nick Potts/PA Images via Getty Images
Jude Bellingham, pemain Borussia Dortmund. Copyright: Nick Potts/PA Images via Getty ImagesJude Bellingham, pemain Borussia Dortmund.

Meski begitu, posisi bermain Jude Bellingham tidak seperti Sancho. Jika Sancho berperan sebagai winger, Jude Bellingham lebih piawai menempati posisi gelandang tengah.

Posisi gelandang tengah sendiri bukanlah satu-satunya spesialisasi dari Jude. Kelebihan Jude Bellingham yang membedakannya dari pemain lain adalah versatilitas yang dimilikinya. 

Saat masih bersama Birmingham ia bermain di banyak posisi mulai dari gelandang kiri, gelandang kanan, gelandang tengah, dan menjadi second striker sampai striker! Hal yang kurang lebih sama juga ia lakoni di Dortmund musim lalu di mana dirinya menjalankan empat peran, yakni sebagai gelandang bertahan, gelandang tengah, gelandang kiri, dan gelandang serang. 

Jude Bellingham adalah pemain dengan insting bertahan yang sangat kuat. Itu sebabnya perannya sangat sentral di antara posisi bek dan gelandang. Di usia yang masih sangat muda, Jude Bellingha memiliki tingkat konsentrasi yang bisa disandingkan dengan para pemain juara. 

Tak heran, Jude Bellingham sering menjadi pemain yang suka dilanggar oleh lawan. Peran yang kurang lebih sama akan dilakoni oleh Jude Bellingham di Timnas Inggris yang berlaga di Euro 2020. 

Akhirnya Inggris memiliki gelandang bertahan serba bisa selepas era Steven Gerrard. Jude Bellingham diyakini akan menjadi salah satu kunci keberhasilan Inggris apabila menjuarai Euro 2020 nanti. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%