Bola Internasional

Bintang Euro 2020: Ben White, Bek Inggris yang Jadi Primadona Bursa Transfer

Minggu, 13 Juni 2021 15:59 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Mike Hewitt/Getty Images
Aksi Ben White bersama Brighton Hove & Albion. Copyright: © Mike Hewitt/Getty Images
Aksi Ben White bersama Brighton Hove & Albion.
Jadi Rebutan Manchester United, Liverpool, dan Arsenal

Seperti disebut sebelumnya, Ben White tampil gemilang bersama Brighton di Liga Inggris musim lalu. Bek 23 tahun itu menjadi pilihan utama dan tampil di 36 pertandingan liga, alias hanya absen 2 kali sepanjang musim.

Ia juga memuncaki rataan blok per laga (0,6) di kubu Brighton, dan berada di posisi kedua di rataan intersep per laga (1,7).

Menariknya, ini adalah musim pertama Ben White tampil sebagai pemain reguler di Brighton. Musim sebelumnya, ia dipinjamkan ke Leeds United yang ketika itu masih tampil di Divisi Championship.

Ketika itu, White menjadi andalan Leeds dengan 46 penampilan di liga alias tak pernah absen, dengan selalu menjadi starter, dan sukses membawa The Whites promosi ke Liga Primer. Leeds sejatinya ingin mempermanenkannya, tapi upaya tersebut ditolak oleh Brigton.

Penampilan gemilang di 2 musim terakhir membuat White menjadi primadona di bursa transfer musim panas. Ia dibidik oleh 3 tim raksasa Liga Inggris yakni Manchester United, Liverpool, dan terbaru Arsenal.

Seperti diketahui, baik Manchester United, Liverpool, maupun Arsenal memang sama-sama butuh bek tengah baru.

Kesuksesannya menembus skuat Euro 2020 pun membuat Brighton menaikkan banderolnya menjadi 50 juta pounds (Rp1 triliun). Jumlah ini bahkan diyakini bisa meningkat jika Ben White tampil apik di Euro.

Menariknya, Ben White sendiri sebenarnya baru punya 2 caps bersama timnas Inggris. Kedua penampilannya itu pun terjadi di laga ujicoba jelang Euro 2020.

Ia menjalani debut saat masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-71 saat menghadapi Austia pada 3 Juni lalu, dan tampil penuh saat Inggris menghadapi Rumania 3 hari kemudian. Kedua laga itu sama-sama dimenangi Inggris dengan skor 1-0.

Dengan kondisi Harry Maguire yang masih diragukan tampil di fase grup, dan performa Tyrone Mings yang tak memuaskan saat menghadapi Austria dan Rumania, White bisa saja menjadi pilihan Southgate untuk menjadi pendamping John Stones.

Untuk itu, ia perlu bekerja keras di sesi latihan dan menunjukkan performa apik jika diberi kesempatan tampil sekecil apa pun.

Bukan tidak mungkin, Ben White akan tampil bersinar di Euro 2020 dan membuat Manchester United, Liverpool, dan Arsenal makin kuat adu sikut memburunya di bursa transfer, dan rela menggelontorkan lebih dari 50 juta pounds untuk mendapatkannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%